HUBUNGAN SUPERVISI PENGAJARAN AGAMA HINDU DENGAN KINERJA GURU AGAMA HINDU YANG BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN PENEBEL
Main Author: | Wiguna Yasa, I Made; Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW/article/view/886 http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW/article/view/886/729 |
Daftar Isi:
- Guna mewujudkan tujuan pendidikan nasional guru memegang peran dan tanggungjawab yang sangat penting sebagai pelaksana sistem pendidikan, untuk mengemban tanggung jawab tersebut, guru harus memiliki kinerja yang tinggi. Tinggi rendahnya kinerja guru dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal.Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan Supervisi Pengajaran dengan Kinerja Guru Agama Hindu yang bersertifikat Pendidik di Sekolah Dasar Se- Kecamatan Penebel. Populasi penelitian adalah 46 orang Guru Agama Hindu yang bersertifikat Pendidik di Sekolah Dasar Se- Kecamatan Penebel dan masih aktif bertugas. Pengumpulan data digunakan kuesioner model skala Likert lima pilihan. Untuk menganalisis data digunakan analisis jalur (Path analisis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ada hubungan yang signifikan secara langsung antara supervisi pengajaran guru dengan kinerja guru Agama Hindu yang bersertifikat Pendidik di Sekolah Dasar se-Kecamatan Penebel, diperoleh koefisien beta sebesar 0,135 dan probabilitasnya 0,000 < 00,5.