METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENDENGARKAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI ANAK USIA DINI
Main Author: | Satri Adnyani, Ni Wayan; IHDN Denpasar |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar
, 2019
|
Online Access: |
http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/article/view/735 http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/article/view/735/617 |
Daftar Isi:
- Usia dini merupakan usia emas bagi anak untuk belajar bahasa, tanpa mengabaikan perkembangan aspek-aspek lainnya yang sangat penting dalam kehidupannya. Kemampuan berbahasa dan berkomunikasi merupakan kebutuhan dan merupakan hal esensial untuk awal proses di sekolah. Keterampilan mendengarkan adalah keterampilan pertama dan paling dasar yang dikembangkan oleh pembelajar bahasa, baik dalam belajar bahasa pertama, bahasa kedua maupun bahasa asing. Metode TPR dapat memotivasi anak untuk tertarik belajar bahasa Inggris terutama melatih kemampuan mendengar (listening) karena metode ini sangat menghibur mereka dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas dan membantu pemahaman anak usia dini terhadap pembelajaran bahasa Inggris secara efektif. Beberapa teknik atau aktivitas yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan anak usia dini dalam mendengarkan bahasa Inggris yaitu imperative drill, action songs dan using flash cards.Kata kunci : Total Physical Response, Kemampuan Mendengarkan, Pendidilan Anak Usia Dini