REALITISASI PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI WUJUD BUDAYA BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Sandat, I Dewa Putu; Guru SDN 2 Tegallalang, Gianyar, Sueca, I Nyoman; UHN IGB Sugriwa |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/GW/article/view/2149 http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/GW/article/view/2149/1596 |
Daftar Isi:
- Kegiatan yang dilakukannya guru adalah kerja keras, kerja cerdas, dan kerja iklas, serta disiplin harus dijadikan pedoman dalam pendidikan karakter di sekolah. Hal ini sangat penting, terutama untuk mencapai hasil yang optimal, sehingga peserta didik sebagai generasi muda (The Young Generation) memilki kerakter tinggi sesuai yang diharapkan yang merupakan harapan pemerintah Indonesia. Hal ini dilakukan adalah untuk mencegah kekewatiran masyarakat atas kehilangan jati diri/ karakter pada peserta didik.Dengan berkarakter yang tinggi sehingga akan membawa peserta didik yang bermoral berakar pada filosofi, pengalaman dan memilki nilai cultural, religius bangsa Indonesia. Dengan demikian Pendidikan karakter harus berkelanjutana dan tak pernah berakhir (never ending process), sebagai bagian terpadu untuk menyiapkan genarasi bangsa, yang disesuaikan dengan sosok manusia memiliki masa depan.Pendidikan karakter harus menumbuhkembangkan filosofi dan pengamalan atas keseluruhan karakter bangsa ini secara utuh, dan menyeluruh (kaffah). Karakter bangsa mengandung perekat budaya dan cultural yang harus terwujud dalam kesadara cultural (cultural awareness) dan kecerdasan cultural (cultural intelligence) setiap warga Negara.