KITAB SUCI VEDA SEBAGAI SUMBER PENDIDIKAN BUDI PEKERTI

Main Authors: Asta Jaya, I Ketut Manik; UNIVERSITAS HINDU NEGERI I GUSTI BAGUS SUGRIWA, Erna Tanu Ria Sari, Ni Made Ayu; UNIVERSITAS HINDU NEGERI I GUSTI BAGUS SUGRIWA
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar , 2021
Subjects:
Online Access: http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/GW/article/view/2126
http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/GW/article/view/2126/1933
Daftar Isi:
  • Orientasi pendidikan nasional yang cenderung melupakan pengembangan dimensi nilai, telah merugikan peserta didik secara individual maupun kolektif. Tendensi yang muncul adalah, peserta didik akan mengetahui banyak tentang sesuatu, namun ia menjadi kurang memiliki sistem nilai, sikap, minat maupun apresiasi secara positif terhadap apa yang diketahui. Anak akan mengalami perkembangan intelektual tidak seimbang dengan kematangan kepribadian sehingga melahirkan sosok spesialis yang kurang peduli dengan lingkungan sekitarnya dan rentan mengalami distorsi nilai, sebagai dampaknya, peserta didik akan mudah tergelincir dalam praktik pelanggaran moral karena sistem nilai yang seharusnya menjadi standar dan patokan berperilaku sehari-hari belum begitu kokoh. Bercermin pada keterbatasan upaya lembaga pendidikan dalam membekali nilai-nilai moral peserta didik selama ini telah mengilhami munculnya.