NILAI – NILAI DAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA HINDU MENURUT CANAKYA NITI SASTRA
Main Author: | sari, ketut puspita; iNSTITUT HINDU DHARMA NEGERI DENPASAR |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
, 2021
|
Online Access: |
http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/GW/article/view/1870 http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/GW/article/view/1870/1931 |
Daftar Isi:
- Pendidikan agama dapat menggerakan serta mempraktikan ajaran – ajaran agama hindu sehingga membentuk nilai moral dan etika yang mulia dalam kitab suci , pada bagian Canakya Niti Sastra meyatakan pendidikan multikultural terkait dengan hubungan antar sesama manusia ( Tri Hita Karana) . Di dalam kitab Canakya Nitisastra ini sepenuhnya memuat atau mengajarkan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pendidikan Agama Hindu dengan wujud kebudayaan dan unsur kebudayaan . di dalam Kitab Suci Canakya Nitisastra ini mengajarkan kebahagiaan, pengendalian nafsu, amarah, lobha, kebijaksanaan, tidak iri hati, mengendalikan pikiran , menjalankan darma , kedamaian dan lainnya yang menuntun pada jalan kebenaran, keharmonisan . Pesatnya perkembangan teknologi digital dan ilmu pengetahuan dewasa ini telah mempengaruhi karakter , nilai moral pada anak –anak yang sejatinya dihadapkan pada tantangan yang berat . Mengajar anak –anak harus diarahkan untuk memperkuat dan menyelaraskan moral mereka . Pendidikan Hindu dapat menjadi agen normative yang membangun setiap karakter Indonesia modern melalui kearifan lokal yang dimilikinya yang mengartikan mereka sebagai memotivasi anak – anak