PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU BERBASIS MODEL DISKUSI INTERAKTIF PADA DI KELAS 10 PASRAMAN WIDYA LAYA KERAWANG
Main Authors: | priyanto, Eko; Universitas Hindu Negeri i Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, marsono, Marsono; Universitas Hindu Negeri i Gusti Bagus Sugriwa Denpasar |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/ppg/article/view/1482 http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/ppg/article/view/1482/1165 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan Kelas 10 Pasraman Widya laya Kerawang yang prestasi belajarnya masih di bawah rata-rata. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran dengan diskusi interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model ekspositori dengan diskusi interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya 18% yang tuntas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 34,61% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 85%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model ekspositori dengan diskusi interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar Di Kelas 10 Pasraman Widya laya Kerawang