PEMANFAATAN LITERASI VISUAL GUNA MEMBENTUK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA DINI

Main Author: Sastrika Ayu, Putu Eka; STAH N Mpu Kuturan Singaraja
Format: Article info eJournal
Terbitan: Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar , 2019
Subjects:
Online Access: http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/article/view/1172
Daftar Isi:
  • Abstrak Kemampuan berpikir kritis dapat membantu manusia membuat keputusan yang tepat berdasarkan usaha yang cermat, sistematis dan logis. Kemampuan berpikir kritis dapat diasah dari anak- anak. Melatih anak berpikir kritis sejak dini memang dimungkinkan, tentu saja dengan mempertimbangkan tahap perkembangannya. Hal itu dapat dilakukan dengan memanfaatkan literasi visual yang merupakan salah satu inti dari kompetensi literasi informasi. Berbagi macam literatur menunjukkan penggunaan visual dalam proses pembelajaran menghasilkan tingkat belajar yang lebih optimal. Literasi visual memiliki peran penting dalam membangun proses kognitif seseorang. Literasi visual membuat pembelajar lebih mudah memahami konsep dan meningkatkan ingatan serta pemanggilan informasi. Kata kunci: Literasi Visual, Berpikir Kritis, Anak Usia Dini Abstract The ability of critical thinking can help people make informed decisions based on a careful, systematic and logical effort. The ability of critical thinking can be honed from children. Training children think critically early on is possible, of course, taking into consideration the development stage. It can be done by utilizing visual literacy which is one of the core of information literacy competencies. Sharing a variety of literature demonstrates the visual use in the learning process resulting in a more optimal learning level. Visuals play an important role in building one's cognitive processes. Visuals make learners easier to understand concepts and improve memory and calling information.