ANALISIS SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KOTA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Authors: Santosa, Budi, Widayat, Wahyu, Priyastiwi, Priyastiwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/961/1/171103621%20BUDI%20SANTOSA%201-3.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/961/2/171103621%20BUDI%20SANTOSA%204-5.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/961/
http://stieww.ac.id
ctrlnum 961
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprint.stieww.ac.id/961/</relation><title>ANALISIS SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KOTA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019</title><creator>Santosa, Budi</creator><creator>Widayat, Wahyu</creator><creator>Priyastiwi, Priyastiwi</creator><subject>Manajemen Pendidikan</subject><description>Peningkatan kinerja guru pada dasarnya merupakan suatu kebutuhan organisasi yang tidak pernah berakhir. Hal ini disebabkan pengembangan dan peningkatan kinerja tidak hanya dilakukan jika terjadi kesenjangan antara kinerja aktual dengan kinerja yang diharapkan, tetapi juga pengembangan dan peningkatan tersebut harus tetap dilakukan meskipun tidak terjadi kesenjangan. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk menganalisis supervisi akademik terhadap guru di SMP Negeri 1 Kota Magelang, untuk mengetahui supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 1 Kota Magelang.&#xD; Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), dimana penilaiannya menggunakan Penilaian kinerja (performance appraisal) menurut Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk menilai kinerja guru oleh kepala sekolah menggunakan lembar observasi yang sudah dibakukan yakni Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG).&#xD; Hasil penelitian supervisi akademik terhadap guru di SMPN 1 Kota Magelang merupakan kegiatan pembinaan dengan memberi bantuan teknis kepada guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Peningkatan kualitas pembelajaran guru di SMPN 1 Kota Magelang akan meningkatkan kualitas belajar peserta didik, sehingga pembinaan dan pemberian dampingan secara kesinambungan yang dilakukan oleh kepala sekolah akan meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh guru dan akan berdampak pada kualitas hasil belajar peserta didik SMPN 1 Kota Magelang. Supervisi akademik di SMPN 1 Kota Magelang ini dijalankan dengan 2 siklus penelitian tindakan sekolah. Supervisi Akademik dapat meningkatkan kinerja guru di SMPN 1 Kota Magelang tahun pelajaran 2018/2019, hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian tindakan sekolah (siklus 1) dan pembinaan sampai dengan siklus 2, nilai rata-rata kinerja guru adalah 84,51 menjadi 88,8. Kemudian upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru melalui supervisi akademik SMPN 1 Kota Magelang tahun pelajaran 2018/2019 adalah dengan Pembinaan Kepala Sekolah, meningkatkan aktivitas dalam kegiatan pembinaan yang menunjang peningkatan kinerja guru seperti pelatihan, penataran, workshop, Kelompok Kerja Guru (KKG) yang bermanfaat dan dapat membantu guru untuk lebih mudah memahami konsep peran dan fungsi guru sehingga peningkatan kinerja guru dalam mengajar di sekolah dapat berjalan baik, dan dengan demikian peningkatan kinerja guru dapat ditingkatkan.&#xD; Kata Kunci: supervisi akademik, kinerja, guru</description><date>2019-08-09</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/961/1/171103621%20BUDI%20SANTOSA%201-3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/961/2/171103621%20BUDI%20SANTOSA%204-5.pdf</identifier><identifier> Santosa, Budi and Widayat, Wahyu and Priyastiwi, Priyastiwi (2019) ANALISIS SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KOTA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha. </identifier><relation>http://stieww.ac.id</relation><recordID>961</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Santosa, Budi
Widayat, Wahyu
Priyastiwi, Priyastiwi
title ANALISIS SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KOTA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
publishDate 2019
topic Manajemen Pendidikan
url http://eprint.stieww.ac.id/961/1/171103621%20BUDI%20SANTOSA%201-3.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/961/2/171103621%20BUDI%20SANTOSA%204-5.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/961/
http://stieww.ac.id
contents Peningkatan kinerja guru pada dasarnya merupakan suatu kebutuhan organisasi yang tidak pernah berakhir. Hal ini disebabkan pengembangan dan peningkatan kinerja tidak hanya dilakukan jika terjadi kesenjangan antara kinerja aktual dengan kinerja yang diharapkan, tetapi juga pengembangan dan peningkatan tersebut harus tetap dilakukan meskipun tidak terjadi kesenjangan. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk menganalisis supervisi akademik terhadap guru di SMP Negeri 1 Kota Magelang, untuk mengetahui supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 1 Kota Magelang. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), dimana penilaiannya menggunakan Penilaian kinerja (performance appraisal) menurut Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk menilai kinerja guru oleh kepala sekolah menggunakan lembar observasi yang sudah dibakukan yakni Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG). Hasil penelitian supervisi akademik terhadap guru di SMPN 1 Kota Magelang merupakan kegiatan pembinaan dengan memberi bantuan teknis kepada guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Peningkatan kualitas pembelajaran guru di SMPN 1 Kota Magelang akan meningkatkan kualitas belajar peserta didik, sehingga pembinaan dan pemberian dampingan secara kesinambungan yang dilakukan oleh kepala sekolah akan meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh guru dan akan berdampak pada kualitas hasil belajar peserta didik SMPN 1 Kota Magelang. Supervisi akademik di SMPN 1 Kota Magelang ini dijalankan dengan 2 siklus penelitian tindakan sekolah. Supervisi Akademik dapat meningkatkan kinerja guru di SMPN 1 Kota Magelang tahun pelajaran 2018/2019, hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian tindakan sekolah (siklus 1) dan pembinaan sampai dengan siklus 2, nilai rata-rata kinerja guru adalah 84,51 menjadi 88,8. Kemudian upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru melalui supervisi akademik SMPN 1 Kota Magelang tahun pelajaran 2018/2019 adalah dengan Pembinaan Kepala Sekolah, meningkatkan aktivitas dalam kegiatan pembinaan yang menunjang peningkatan kinerja guru seperti pelatihan, penataran, workshop, Kelompok Kerja Guru (KKG) yang bermanfaat dan dapat membantu guru untuk lebih mudah memahami konsep peran dan fungsi guru sehingga peningkatan kinerja guru dalam mengajar di sekolah dapat berjalan baik, dan dengan demikian peningkatan kinerja guru dapat ditingkatkan. Kata Kunci: supervisi akademik, kinerja, guru
id IOS6163.961
institution STIE Widya Wiwaha
institution_id 2374
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STIE Widya Wiwaha
library_id 1870
collection Repository: STIE Widya Wiwaha
repository_id 6163
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS6163
first_indexed 2019-10-14T22:30:07Z
last_indexed 2019-11-26T06:29:08Z
recordtype dc
_version_ 1685964610166849536
score 17.538404