UJI MODEL INKUIRI TERSTRUKTUR BERBANTUAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIID SMP NEGERI 2 SELOPAMPANG TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019

Main Authors: Choeriyah, Isnaeni, Halim, Abdul, Priyastiwi, Priyastiwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/819/1/171103391%20ISNAENI%20CHOERIYAH%201-3.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/819/2/171103391%20ISNAENI%20CHOERIYAH%204-5.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/819/
ctrlnum 819
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprint.stieww.ac.id/819/</relation><title>UJI MODEL INKUIRI TERSTRUKTUR BERBANTUAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIID SMP NEGERI 2 SELOPAMPANG TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019</title><creator>Choeriyah, Isnaeni</creator><creator>Halim, Abdul</creator><creator>Priyastiwi, Priyastiwi</creator><subject>Manajemen Pendidikan</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji Model Inkuiri Terstruktur Berbantuan Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII D SMP N 2 Selopampang Semester 1 Tahun Pelajaran 2018 / 2019.Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP N 2 Selopampang berjumlah 23 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian tindakan kelas dengan melalui tindakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu membuat perencanaan, melakukan tindakan, mengadakan pengamatan dan melakukan refleksi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai hasil pembelajaran klasifikasi makhluk hidup dengan media serbaneka dari kondisi awal, siklus pertama dan siklus kedua.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Inkuiri Terstruktur Berbantuan SQ3R dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar yaitu rata-rata kelas 60 pada pra siklus menjadi 63,8 pada siklus I, kemudian terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 73,70. Pada prosentase ketuntasan terlihat bahwa ketuntasan pra siklus 8,3% menjadi sebesar 30,43% pada siklus I meningkat menjadi 78,26% pada siklus II. Pada proses pembelajaran menggunakan inkuiri terstruktur berbantuan SQ3R terjadi peningkatan aktivitas siswa sebesar 78,37 % menjadi 84,24 % hal ini terjadi karena siswa telah memahami langkah-langkah Inkuiri dengan baik, dapat menyimpulkan dalam bentuk kegiatan SQ3R dengan baik.&#xD; Kata Kunci : Model Inkuiri Terstruktur, SQ3R, Prestasi Belajar</description><date>2019-03-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/819/1/171103391%20ISNAENI%20CHOERIYAH%201-3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/819/2/171103391%20ISNAENI%20CHOERIYAH%204-5.pdf</identifier><identifier> Choeriyah, Isnaeni and Halim, Abdul and Priyastiwi, Priyastiwi (2019) UJI MODEL INKUIRI TERSTRUKTUR BERBANTUAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIID SMP NEGERI 2 SELOPAMPANG TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha. </identifier><recordID>819</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Choeriyah, Isnaeni
Halim, Abdul
Priyastiwi, Priyastiwi
title UJI MODEL INKUIRI TERSTRUKTUR BERBANTUAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIID SMP NEGERI 2 SELOPAMPANG TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019
publishDate 2019
topic Manajemen Pendidikan
url http://eprint.stieww.ac.id/819/1/171103391%20ISNAENI%20CHOERIYAH%201-3.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/819/2/171103391%20ISNAENI%20CHOERIYAH%204-5.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/819/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji Model Inkuiri Terstruktur Berbantuan Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII D SMP N 2 Selopampang Semester 1 Tahun Pelajaran 2018 / 2019.Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP N 2 Selopampang berjumlah 23 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian tindakan kelas dengan melalui tindakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu membuat perencanaan, melakukan tindakan, mengadakan pengamatan dan melakukan refleksi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai hasil pembelajaran klasifikasi makhluk hidup dengan media serbaneka dari kondisi awal, siklus pertama dan siklus kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Inkuiri Terstruktur Berbantuan SQ3R dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar yaitu rata-rata kelas 60 pada pra siklus menjadi 63,8 pada siklus I, kemudian terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 73,70. Pada prosentase ketuntasan terlihat bahwa ketuntasan pra siklus 8,3% menjadi sebesar 30,43% pada siklus I meningkat menjadi 78,26% pada siklus II. Pada proses pembelajaran menggunakan inkuiri terstruktur berbantuan SQ3R terjadi peningkatan aktivitas siswa sebesar 78,37 % menjadi 84,24 % hal ini terjadi karena siswa telah memahami langkah-langkah Inkuiri dengan baik, dapat menyimpulkan dalam bentuk kegiatan SQ3R dengan baik. Kata Kunci : Model Inkuiri Terstruktur, SQ3R, Prestasi Belajar
id IOS6163.819
institution STIE Widya Wiwaha
institution_id 2374
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STIE Widya Wiwaha
library_id 1870
collection Repository: STIE Widya Wiwaha
repository_id 6163
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS6163
first_indexed 2019-08-21T17:37:50Z
last_indexed 2019-08-21T17:37:50Z
recordtype dc
_version_ 1685964609281851392
score 17.538404