ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI UPT PUSKESMAS KEDUNGGALAR KABUPATEN NGAWI TAHUN 2019

Main Authors: Roekmono, Endy, Suprihanto, John, Widiastuti, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/811/1/171103454%20ENDY%20ROEKMONO%201-3.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/811/2/171103454%20ENDY%20ROEKMONO%204-5.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/811/
ctrlnum 811
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprint.stieww.ac.id/811/</relation><title>ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI UPT PUSKESMAS KEDUNGGALAR KABUPATEN NGAWI TAHUN 2019</title><creator>Roekmono, Endy</creator><creator>Suprihanto, John</creator><creator>Widiastuti, Nur</creator><subject>Manajemen Rumah Sakit</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi faktor &#x2013; faktor yang menyebabkan ketidakpuasan pelanggan terhadap pelayanan rawat inap UPT Puskesmas Kedunggalar, 2) Menganalisis penyebab ketidakpuasan menurut persepsi pelanggan terhadap pelayanan rawat inap UPT Puskesmas Kedunggalar, 3) Menghitung nilai Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) pada pelayanan rawat inap UPT Puskesmas Kedunggalar, 4) Membandingkan nilai hitung Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan nilai IKM standar.&#xD; Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Ditinjau dari segi waktu, penelitian yang dilakukan termasuk desain penelitian cross sectional karena data diperoleh dalam waktu yang sama. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. &#xD; Hasil penelitian didapatkan hasil bahwa 1) Ketidakpuasan pasien di pelayanan rawat inap UPT Puskesmas Kedunggalar meliputi unsur pelayanan berkaitan dengan kecepatan waktu dalam pelayanan, perilaku petugas (kesopanan dan keramahan), kualitas sarana dan prasarana, penanganan pengaduan pengguna layanan, kesesuaian produk layanan, kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan. 2) Ketidakpusan yang dirasakan pasien disebabkan kurang cepatnya penanganan pada keluhan pasien, kurang ramahnya sikap petugas, ketidakcukupan sarana yang ada, penanganan pengaduan yang lama dan tidak di informasikan ke pelanggan, ketidaksesuaian produk layanan dan kecakapan atau kemampuan petugas kurang. 3) Nilai Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) hasil penelitian sebesar (73,83), dibandingkan dengan nilai standar masuk dalam interval konversi (65.00 &#x2013; 76.60) yang berarti mutu pelayanannya C, kinerja pelayanannya Kurang Baik.&#xD; Saran untuk pelayanan rawat inap di UPT Puskesmas Kedungalar Kabupaten Ngawi dari hasil penelitian adalah: 1) Peningkatan komitmen petugas terhadap pemenuhan janji pelayanan yang telah disepakati yang tertuang dalam Pedoman Manual Mutu UPT Puskesmas Kedunggalar, 2) Pengadaan alat perekam jantung atau EKG, alat pemeriksaan darah (Fotometer dan Hematology Analyser), dan pembuatan sumur bor baru, 3) Menyampaikan hasil umpan balik kepada pasien secara periodik melalui penyampaian langsung atau melalui papan umpan balik, 4) Peningkatan kompetensi petugas melalui uji kompetensi, diklat, workshop, seminar dll.&#xD; Kata kunci : unsur &#x2013; unsur pelayanan, nilai IKM, hasil, upaya</description><date>2019-03-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/811/1/171103454%20ENDY%20ROEKMONO%201-3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/811/2/171103454%20ENDY%20ROEKMONO%204-5.pdf</identifier><identifier> Roekmono, Endy and Suprihanto, John and Widiastuti, Nur (2019) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI UPT PUSKESMAS KEDUNGGALAR KABUPATEN NGAWI TAHUN 2019. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha. </identifier><recordID>811</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Roekmono, Endy
Suprihanto, John
Widiastuti, Nur
title ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI UPT PUSKESMAS KEDUNGGALAR KABUPATEN NGAWI TAHUN 2019
publishDate 2019
topic Manajemen Rumah Sakit
url http://eprint.stieww.ac.id/811/1/171103454%20ENDY%20ROEKMONO%201-3.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/811/2/171103454%20ENDY%20ROEKMONO%204-5.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/811/
contents Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi faktor – faktor yang menyebabkan ketidakpuasan pelanggan terhadap pelayanan rawat inap UPT Puskesmas Kedunggalar, 2) Menganalisis penyebab ketidakpuasan menurut persepsi pelanggan terhadap pelayanan rawat inap UPT Puskesmas Kedunggalar, 3) Menghitung nilai Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) pada pelayanan rawat inap UPT Puskesmas Kedunggalar, 4) Membandingkan nilai hitung Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan nilai IKM standar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Ditinjau dari segi waktu, penelitian yang dilakukan termasuk desain penelitian cross sectional karena data diperoleh dalam waktu yang sama. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian didapatkan hasil bahwa 1) Ketidakpuasan pasien di pelayanan rawat inap UPT Puskesmas Kedunggalar meliputi unsur pelayanan berkaitan dengan kecepatan waktu dalam pelayanan, perilaku petugas (kesopanan dan keramahan), kualitas sarana dan prasarana, penanganan pengaduan pengguna layanan, kesesuaian produk layanan, kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan. 2) Ketidakpusan yang dirasakan pasien disebabkan kurang cepatnya penanganan pada keluhan pasien, kurang ramahnya sikap petugas, ketidakcukupan sarana yang ada, penanganan pengaduan yang lama dan tidak di informasikan ke pelanggan, ketidaksesuaian produk layanan dan kecakapan atau kemampuan petugas kurang. 3) Nilai Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) hasil penelitian sebesar (73,83), dibandingkan dengan nilai standar masuk dalam interval konversi (65.00 – 76.60) yang berarti mutu pelayanannya C, kinerja pelayanannya Kurang Baik. Saran untuk pelayanan rawat inap di UPT Puskesmas Kedungalar Kabupaten Ngawi dari hasil penelitian adalah: 1) Peningkatan komitmen petugas terhadap pemenuhan janji pelayanan yang telah disepakati yang tertuang dalam Pedoman Manual Mutu UPT Puskesmas Kedunggalar, 2) Pengadaan alat perekam jantung atau EKG, alat pemeriksaan darah (Fotometer dan Hematology Analyser), dan pembuatan sumur bor baru, 3) Menyampaikan hasil umpan balik kepada pasien secara periodik melalui penyampaian langsung atau melalui papan umpan balik, 4) Peningkatan kompetensi petugas melalui uji kompetensi, diklat, workshop, seminar dll. Kata kunci : unsur – unsur pelayanan, nilai IKM, hasil, upaya
id IOS6163.811
institution STIE Widya Wiwaha
institution_id 2374
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STIE Widya Wiwaha
library_id 1870
collection Repository: STIE Widya Wiwaha
repository_id 6163
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS6163
first_indexed 2019-08-21T17:37:50Z
last_indexed 2019-08-21T17:37:50Z
recordtype dc
_version_ 1685964609252491264
score 17.538404