PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZED (TAI) BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI ASAM BASA SISWA SMA NEGERI 1 TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Authors: Rama, Diah Mustika, Putro, Khamim Zarkasih, Hamid, Mudasetia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/804/1/171103524%20DIAH%20MUSTIKA%20RAMA%201-3.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/804/2/171103524%20DIAH%20MUSTIKA%20RAMA%204-5.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/804/
ctrlnum 804
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprint.stieww.ac.id/804/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZED (TAI) BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI ASAM BASA SISWA SMA NEGERI 1 TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019</title><creator>Rama, Diah Mustika</creator><creator>Putro, Khamim Zarkasih</creator><creator>Hamid, Mudasetia</creator><subject>Manajemen Pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) kelas I MIPA 6 SMA Negeri 1 Temanggung tahun pelajaran 2018/2019, 2) meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) kelas I MIPA 6 SMA Negeri 1 Temanggung tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subjek penelitian kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Temanggung sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar pengamatan untuk menilai keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung, soal tes untuk mengukur pencapaian hasil belajar aspek pengetahuan, lembar penilaian untuk mengukur hasil belajar aspek keterampilan dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa keaktifan siswa pada siklus I dikategorikan baik dengan persentase mencapai 78,85% dan meningkat pada siklus II dengan persentase 88,46% dan dikategorikan baik sekali. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yaitu aspek pengetahuan sebesar 19,36% dengan persentase siklus I sebesar 70,96% dan siklus II sebesar 90,32% dan aspek keterampilan sebesar 22,57% dengan persentase siklus I sebesar 70,97% dan siklus II sebesar 93,54%. Peningkatan hasil belajar ini dikategorikan dari baik menjadi baik sekali. &#xD; Kata Kunci: Keaktifan, Hasil Belajar dan Pembelajaran TAI</description><date>2019-03-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/804/1/171103524%20DIAH%20MUSTIKA%20RAMA%201-3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/804/2/171103524%20DIAH%20MUSTIKA%20RAMA%204-5.pdf</identifier><identifier> Rama, Diah Mustika and Putro, Khamim Zarkasih and Hamid, Mudasetia (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZED (TAI) BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI ASAM BASA SISWA SMA NEGERI 1 TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha. </identifier><recordID>804</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rama, Diah Mustika
Putro, Khamim Zarkasih
Hamid, Mudasetia
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZED (TAI) BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI ASAM BASA SISWA SMA NEGERI 1 TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
publishDate 2019
topic Manajemen Pendidikan
url http://eprint.stieww.ac.id/804/1/171103524%20DIAH%20MUSTIKA%20RAMA%201-3.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/804/2/171103524%20DIAH%20MUSTIKA%20RAMA%204-5.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/804/
contents Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) kelas I MIPA 6 SMA Negeri 1 Temanggung tahun pelajaran 2018/2019, 2) meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) kelas I MIPA 6 SMA Negeri 1 Temanggung tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subjek penelitian kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Temanggung sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar pengamatan untuk menilai keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung, soal tes untuk mengukur pencapaian hasil belajar aspek pengetahuan, lembar penilaian untuk mengukur hasil belajar aspek keterampilan dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa keaktifan siswa pada siklus I dikategorikan baik dengan persentase mencapai 78,85% dan meningkat pada siklus II dengan persentase 88,46% dan dikategorikan baik sekali. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yaitu aspek pengetahuan sebesar 19,36% dengan persentase siklus I sebesar 70,96% dan siklus II sebesar 90,32% dan aspek keterampilan sebesar 22,57% dengan persentase siklus I sebesar 70,97% dan siklus II sebesar 93,54%. Peningkatan hasil belajar ini dikategorikan dari baik menjadi baik sekali. Kata Kunci: Keaktifan, Hasil Belajar dan Pembelajaran TAI
id IOS6163.804
institution STIE Widya Wiwaha
institution_id 2374
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STIE Widya Wiwaha
library_id 1870
collection Repository: STIE Widya Wiwaha
repository_id 6163
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS6163
first_indexed 2019-08-21T17:37:50Z
last_indexed 2019-08-21T17:37:50Z
recordtype dc
_version_ 1685964609231519744
score 17.538404