ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS PARON KABUPATEN NGAWI TAHUN 2018

Main Authors: Madjid, Asmayani, Purwanto, Wahyu, Sulastiningsih, Sulastiningsih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/801/1/171103438%20ASMAYANI%20MADJID%201-3.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/801/2/171103438%20ASMAYANI%20MADJID%204-5.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/801/
ctrlnum 801
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprint.stieww.ac.id/801/</relation><title>ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS PARON KABUPATEN NGAWI TAHUN 2018</title><creator>Madjid, Asmayani</creator><creator>Purwanto, Wahyu</creator><creator>Sulastiningsih, Sulastiningsih</creator><subject>Manajemen Rumah Sakit</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu tunggu yang dilaksanakan di rawat jalan Puskesmas Paron apakah sudah sesuai standar pelayanan minimal, mengetahui kendala dalam memenuhi waktu tunggu sesuai standar pelayanan minimal dan merumuskan upaya meningkatkan layanan waktu tunggu di rawat jalan Puskesmas Paron.&#xD; Jenis penelitian ini adalah kualitatif, informan penelitian terdiri dari pasien rawat jalan, petugas loket pendaftaran, perawat poliklinik, dokter poliklinik, petugas apotik Puskesmas Paron. Pengumpulan data menggunakan wawancara, pengukuran waktu dan dokumentasi.&#xD; Hasil penelitian didapatkan waktu tunggu pasien rawat jalan di loket pendaftaran dikategorikan baik. Waktu tunggu pasien rawat jalan Puskesmas Paron masuk dalam kategori sedang. Kendala yang ditemui dalam memenuhi waktu tunggu sesuai standar pelayanan minimal di rawat jalan Puskesamas Paron adalah rekam medik pasien kadang ditumpuk setelah itu baru didistribusikan ke poliklinik, tenaga kesehatan yang bertugas di poliklinik atau balai pengobatan kadang terlambat atau tidak tepat waktu dalam memulai pelayanan, masalah pasien berbeda-beda ada yang bisa dengan cepat, ada yang lama. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan layanan waktu tunggu pasien rawat jalan di Puskesmas Paron adalah waktu memulai pelayanan harus tepat waktu, jangan menumpuk rekam medik pasien, secepatnya didistribusikan ke poliklinik dan menangani pasien dengan masalah yang berbeda-beda tetap fokus ke masalah utama pasien.&#xD; Kata kunci : waktu tunggu, pasien rawat jalan</description><date>2019-03-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/801/1/171103438%20ASMAYANI%20MADJID%201-3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/801/2/171103438%20ASMAYANI%20MADJID%204-5.pdf</identifier><identifier> Madjid, Asmayani and Purwanto, Wahyu and Sulastiningsih, Sulastiningsih (2019) ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS PARON KABUPATEN NGAWI TAHUN 2018. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha. </identifier><recordID>801</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Madjid, Asmayani
Purwanto, Wahyu
Sulastiningsih, Sulastiningsih
title ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS PARON KABUPATEN NGAWI TAHUN 2018
publishDate 2019
topic Manajemen Rumah Sakit
url http://eprint.stieww.ac.id/801/1/171103438%20ASMAYANI%20MADJID%201-3.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/801/2/171103438%20ASMAYANI%20MADJID%204-5.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/801/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu tunggu yang dilaksanakan di rawat jalan Puskesmas Paron apakah sudah sesuai standar pelayanan minimal, mengetahui kendala dalam memenuhi waktu tunggu sesuai standar pelayanan minimal dan merumuskan upaya meningkatkan layanan waktu tunggu di rawat jalan Puskesmas Paron. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, informan penelitian terdiri dari pasien rawat jalan, petugas loket pendaftaran, perawat poliklinik, dokter poliklinik, petugas apotik Puskesmas Paron. Pengumpulan data menggunakan wawancara, pengukuran waktu dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan waktu tunggu pasien rawat jalan di loket pendaftaran dikategorikan baik. Waktu tunggu pasien rawat jalan Puskesmas Paron masuk dalam kategori sedang. Kendala yang ditemui dalam memenuhi waktu tunggu sesuai standar pelayanan minimal di rawat jalan Puskesamas Paron adalah rekam medik pasien kadang ditumpuk setelah itu baru didistribusikan ke poliklinik, tenaga kesehatan yang bertugas di poliklinik atau balai pengobatan kadang terlambat atau tidak tepat waktu dalam memulai pelayanan, masalah pasien berbeda-beda ada yang bisa dengan cepat, ada yang lama. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan layanan waktu tunggu pasien rawat jalan di Puskesmas Paron adalah waktu memulai pelayanan harus tepat waktu, jangan menumpuk rekam medik pasien, secepatnya didistribusikan ke poliklinik dan menangani pasien dengan masalah yang berbeda-beda tetap fokus ke masalah utama pasien. Kata kunci : waktu tunggu, pasien rawat jalan
id IOS6163.801
institution STIE Widya Wiwaha
institution_id 2374
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STIE Widya Wiwaha
library_id 1870
collection Repository: STIE Widya Wiwaha
repository_id 6163
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS6163
first_indexed 2019-08-21T17:37:50Z
last_indexed 2019-08-21T17:37:50Z
recordtype dc
_version_ 1685964609219985408
score 17.538404