PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SEMESTER II SD NEGERI 1 SIDOHARJO SRUWENG KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Authors: Kaminah, Kaminah, Lantara, I Wayan Nuka, Zuraida, Lukia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/622/1/142402704%20KAMINAH.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/622/
ctrlnum 622
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprint.stieww.ac.id/622/</relation><title>PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SEMESTER II SD NEGERI 1 SIDOHARJO SRUWENG KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016</title><creator>Kaminah, Kaminah</creator><creator>Lantara, I Wayan Nuka</creator><creator>Zuraida, Lukia</creator><subject>Manajemen Pendidikan</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dengan dua angka, menggunakan pengukuran berat, dan mengenal bangun datar pada siswa kelas 1 Semester II SD Negeri 1 Sidoharjo UPTD Dikpora Unit Kecamatan Sruweng, Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini disebabkan karena kurangnya motivasi, partisipasi, dan rendahnya hasil belajar siswa.&#xD; Pembelajaran yang digunakan dalam perbaikanini adalah menggunakan media pembelajaran serta metode pengamatan, diskusi, kerja kelompok, tanya jawab, dan tugas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Untuk mengukur motivasi/minat siswa dilakukan dengan menggunakan pengamatan. Sedangkan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menguasai materi yang telah diberikan, setiap akhir siklus digunakan tes hasil belajar.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Peningkatan motivasi belajar yang tinggi pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka pada tahap pra siklus adalah 23,5%, dan meningkat menjadi 47,1% pada siklus I dan II. Pada materi pengukuran berat, siswa memiliki peningkatan motivasi tinggi pada pra siklus adalah 41,2%, dan meningkat menjadi 64,7% pada siklus I dan II. Pada materi bangun datar siswa memiliki peningkatan motivasi tinggi pada pra siklus adalah 23,5%, meningkat menjadi 41,2% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 82,4%. Data tentang peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas dan ketuntasan belajar. Pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka rata-rata kelas pembelajaran pra siklus adalah 69,71 kemudian meningkat menjadi 75,88 pada siklusI, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 81,76. Ketuntasan siswa pada tahap pra siklus adalah 29,4%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 52,9% dan pada akhir siklus II menjadi 76,5%. Pada materi pengukuran berat, nilai rata-rata pra siklus 70,88 setelah siklus I menjadi 74,41dan setelah siklus II menjadi 80%. Siswa yang tuntas pada pra siklus adalah 47,1%, kemudian meningkat menjadi58,8% setelah siklus I, dan setelah siklus II menjadi70,6%. Dan pada materi bangun datar, nilai rata-rata pra siklus adalah 69,12 setelah siklus I menjadi 75,59 dan setelah siklus II menjadi 82,65. Siswa yang tuntas pada pra siklus 29,4%, kemudian meningkat 58,8 % setelah siklus Idan 94,1% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dengan dua angka, menggunakan pengukuran berat, dan mengenal bangun datar pada siswa kelas 1 Semester II SD Negeri 1Sidoharjo UPTD Dikpora Unit Kecamatan Sruweng, Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2015/2016. &#xD; &#xD; Kata kunci: media pembelajaran, hasil belajar, motivasi.</description><date>2016-08-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/622/1/142402704%20KAMINAH.pdf</identifier><identifier> Kaminah, Kaminah and Lantara, I Wayan Nuka and Zuraida, Lukia (2016) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SEMESTER II SD NEGERI 1 SIDOHARJO SRUWENG KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha. </identifier><recordID>622</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Kaminah, Kaminah
Lantara, I Wayan Nuka
Zuraida, Lukia
title PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SEMESTER II SD NEGERI 1 SIDOHARJO SRUWENG KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
publishDate 2016
topic Manajemen Pendidikan
url http://eprint.stieww.ac.id/622/1/142402704%20KAMINAH.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/622/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dengan dua angka, menggunakan pengukuran berat, dan mengenal bangun datar pada siswa kelas 1 Semester II SD Negeri 1 Sidoharjo UPTD Dikpora Unit Kecamatan Sruweng, Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini disebabkan karena kurangnya motivasi, partisipasi, dan rendahnya hasil belajar siswa. Pembelajaran yang digunakan dalam perbaikanini adalah menggunakan media pembelajaran serta metode pengamatan, diskusi, kerja kelompok, tanya jawab, dan tugas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Untuk mengukur motivasi/minat siswa dilakukan dengan menggunakan pengamatan. Sedangkan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menguasai materi yang telah diberikan, setiap akhir siklus digunakan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Peningkatan motivasi belajar yang tinggi pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka pada tahap pra siklus adalah 23,5%, dan meningkat menjadi 47,1% pada siklus I dan II. Pada materi pengukuran berat, siswa memiliki peningkatan motivasi tinggi pada pra siklus adalah 41,2%, dan meningkat menjadi 64,7% pada siklus I dan II. Pada materi bangun datar siswa memiliki peningkatan motivasi tinggi pada pra siklus adalah 23,5%, meningkat menjadi 41,2% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 82,4%. Data tentang peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas dan ketuntasan belajar. Pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka rata-rata kelas pembelajaran pra siklus adalah 69,71 kemudian meningkat menjadi 75,88 pada siklusI, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 81,76. Ketuntasan siswa pada tahap pra siklus adalah 29,4%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 52,9% dan pada akhir siklus II menjadi 76,5%. Pada materi pengukuran berat, nilai rata-rata pra siklus 70,88 setelah siklus I menjadi 74,41dan setelah siklus II menjadi 80%. Siswa yang tuntas pada pra siklus adalah 47,1%, kemudian meningkat menjadi58,8% setelah siklus I, dan setelah siklus II menjadi70,6%. Dan pada materi bangun datar, nilai rata-rata pra siklus adalah 69,12 setelah siklus I menjadi 75,59 dan setelah siklus II menjadi 82,65. Siswa yang tuntas pada pra siklus 29,4%, kemudian meningkat 58,8 % setelah siklus Idan 94,1% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dengan dua angka, menggunakan pengukuran berat, dan mengenal bangun datar pada siswa kelas 1 Semester II SD Negeri 1Sidoharjo UPTD Dikpora Unit Kecamatan Sruweng, Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci: media pembelajaran, hasil belajar, motivasi.
id IOS6163.622
institution STIE Widya Wiwaha
institution_id 2374
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STIE Widya Wiwaha
library_id 1870
collection Repository: STIE Widya Wiwaha
repository_id 6163
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS6163
first_indexed 2019-05-09T05:27:31Z
last_indexed 2019-05-09T05:27:31Z
recordtype dc
_version_ 1685964608297238528
score 17.538404