PENGGUNAAN TEKNIK JUMPING FROG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT BAGI SISWA KELAS II SD NEGERI 2 DANGURAN KECAMATAN KLATEN SELATAN KABUPATEN KLATEN
Main Authors: | Kharismaningrum, Arlys Ika, Widayat, Wahyu, Suhartono, Suhartono |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprint.stieww.ac.id/527/1/151502884%20ARLYS%20IKA%20KHARISMA%20NINGRUM.pdf http://eprint.stieww.ac.id/527/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan Rumusan masalah yaitu : Apakah dengan menggunakan teknik jumping frog dapat meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan buat bagi siswa kelas 2 SD Negeri 2 Danguran tahun pelajaran 2016/ 2017 ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi siswa kelas 2 SD Negeri 2 Danguran tahun pelajaran 2016 / 2017 dengan menggunakan metode jumping frog. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi partisipasif dan tes. Instrumen yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian ini yaitu : lembar observasi, daftar kelas 2 SD Negeri Danguran, Teknik analisis data dengan menggunakan teknik deskripstif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data , reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan . Hasil penelitian siklus 1 menunjukan siswa yag mencapai ketuntasan belajar adalah sebesar 50 %. Siklus II 81.80% , dengan demikian dari penelitian ini dapat kita simpulkan bahwa penggunaan teknik jumping frog dapat meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi siswa kelas 2 SD Negeri 2 Danguran tahun pelajaran 2016/ 2017. Kata Kunci : Hasil belajar siswa Jumping frog