PENINGKATAN KINERJA GURU KELAS MELALUI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KOKOSAN PRAMBANAN SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Authors: Rusmiati, Fransisca, Sutikno, Bayu, Nugroho, Muhammad Awal Satrio
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/521/1/151503001%20FRANSISCA%20RUSMIATI.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/521/
ctrlnum 521
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprint.stieww.ac.id/521/</relation><title>PENINGKATAN KINERJA GURU KELAS MELALUI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KOKOSAN PRAMBANAN SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017</title><creator>Rusmiati, Fransisca</creator><creator>Sutikno, Bayu</creator><creator>Nugroho, Muhammad Awal Satrio</creator><subject>Manajemen Pendidikan</subject><description>Kinerja guru di SD Negeri 2 Kokosan masih ada beberapa guru yang kinerjanya cukup baik dan dalam kenyataanya berdasarkan hasil wawancara pendahuluan dengan salah seorang guru, metode ceramah masih menjadi metode yang paling sering dipakai para guru. Hampir dalam segala keadaan metode ini dianggap paling mudah bagi seseorang untuk menyajikan secara lisan. Masalah lain yang timbul yaitu masih banyak guru yang belum optimal dalam melaksanakan tugasnya dimana seluruh guru harus menerapkan kegiatan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi dengan seimbang dalam proses pembelajaran, diantaranya masih banyak guru yang belum membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), ketidakcocokan dalam penggunaan metode mengajar, serta ketidaksiapan guru dalam mengajar. Mengajar bukanlah tugas sederhana, ia menuntut profesional. Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kinerja guru SD Negeri 2 Kokosan, dalam hal merencanakan, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik dan melaksanakan tugas tambahan melalui supervisi akademik.&#xD; Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif sebab jenis penelitian ini ingin memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dari data yang direkam. Pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif interaktif.&#xD; Hasilnya pelaksanaan supervisi Kepala Sekolah dapat meningkatkan kinerja guru kelas di SD Negeri 2 Kokosan sehingga dapat memberikan layanan dan bantuan kepada guru dalam mengembangkan situasi pembelajaran yang dilakukan guru dikelas. Kegiatan supervisi Kepala Sekolah untuk meningkatkan kinerja guru kelas di SD Negeri 2 Kokosan ada 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan umpan balik implementasi supervisi kepala sekolah SD Negeri 2 Kokosan dengan harapan kedepannya akan ada perubahan kearah lebih baik, dan ternyata hasilnya sangat baik dengan nilai rata-rata 3,22. Kemudian upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru melalui supervisi akademik bisa diupayakan dengan peningkatan kegiatan supervisi kepala sekolah secara kontinyu, kemudian memberi tugas mengajar baru sesuai dengan bidang dan kompetensi yang dikuasai oleh guru baru; membentuk dan melaksanakan KKG; melakukan supervisi administrasi dan akademik; melakukan pembinaan; memberi kesempatan pada guru untuk mengikuti pelatihan; memberi reward (penghargaan) dan memberikan hukuman pada guru yang malas dan bermasalah; memberi tugas tambahan pada guru baru; membentuk ikatan keluarga, meningkatkan kemampuan pribadi, kemampuan sosial dan kemampuan profesional yang dimiliki oleh guru.&#xD; &#xD; Kata Kunci : Kinerja Guru, Supervisi Kepala Sekolah</description><date>2017-03-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/521/1/151503001%20FRANSISCA%20RUSMIATI.pdf</identifier><identifier> Rusmiati, Fransisca and Sutikno, Bayu and Nugroho, Muhammad Awal Satrio (2017) PENINGKATAN KINERJA GURU KELAS MELALUI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KOKOSAN PRAMBANAN SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha. </identifier><recordID>521</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rusmiati, Fransisca
Sutikno, Bayu
Nugroho, Muhammad Awal Satrio
title PENINGKATAN KINERJA GURU KELAS MELALUI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KOKOSAN PRAMBANAN SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017
publishDate 2017
topic Manajemen Pendidikan
url http://eprint.stieww.ac.id/521/1/151503001%20FRANSISCA%20RUSMIATI.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/521/
contents Kinerja guru di SD Negeri 2 Kokosan masih ada beberapa guru yang kinerjanya cukup baik dan dalam kenyataanya berdasarkan hasil wawancara pendahuluan dengan salah seorang guru, metode ceramah masih menjadi metode yang paling sering dipakai para guru. Hampir dalam segala keadaan metode ini dianggap paling mudah bagi seseorang untuk menyajikan secara lisan. Masalah lain yang timbul yaitu masih banyak guru yang belum optimal dalam melaksanakan tugasnya dimana seluruh guru harus menerapkan kegiatan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi dengan seimbang dalam proses pembelajaran, diantaranya masih banyak guru yang belum membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), ketidakcocokan dalam penggunaan metode mengajar, serta ketidaksiapan guru dalam mengajar. Mengajar bukanlah tugas sederhana, ia menuntut profesional. Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kinerja guru SD Negeri 2 Kokosan, dalam hal merencanakan, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik dan melaksanakan tugas tambahan melalui supervisi akademik. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif sebab jenis penelitian ini ingin memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dari data yang direkam. Pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif interaktif. Hasilnya pelaksanaan supervisi Kepala Sekolah dapat meningkatkan kinerja guru kelas di SD Negeri 2 Kokosan sehingga dapat memberikan layanan dan bantuan kepada guru dalam mengembangkan situasi pembelajaran yang dilakukan guru dikelas. Kegiatan supervisi Kepala Sekolah untuk meningkatkan kinerja guru kelas di SD Negeri 2 Kokosan ada 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan umpan balik implementasi supervisi kepala sekolah SD Negeri 2 Kokosan dengan harapan kedepannya akan ada perubahan kearah lebih baik, dan ternyata hasilnya sangat baik dengan nilai rata-rata 3,22. Kemudian upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru melalui supervisi akademik bisa diupayakan dengan peningkatan kegiatan supervisi kepala sekolah secara kontinyu, kemudian memberi tugas mengajar baru sesuai dengan bidang dan kompetensi yang dikuasai oleh guru baru; membentuk dan melaksanakan KKG; melakukan supervisi administrasi dan akademik; melakukan pembinaan; memberi kesempatan pada guru untuk mengikuti pelatihan; memberi reward (penghargaan) dan memberikan hukuman pada guru yang malas dan bermasalah; memberi tugas tambahan pada guru baru; membentuk ikatan keluarga, meningkatkan kemampuan pribadi, kemampuan sosial dan kemampuan profesional yang dimiliki oleh guru. Kata Kunci : Kinerja Guru, Supervisi Kepala Sekolah
id IOS6163.521
institution STIE Widya Wiwaha
institution_id 2374
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STIE Widya Wiwaha
library_id 1870
collection Repository: STIE Widya Wiwaha
repository_id 6163
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS6163
first_indexed 2019-05-09T05:27:29Z
last_indexed 2019-05-09T05:27:29Z
recordtype dc
_version_ 1685964607525486592
score 17.538404