PENINGKATAN NILAI HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH DENGAN MEDIA MODIFIKASI PETI LOMPAT SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KEMUDO UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Authors: Sunarto, Sunarto, Wening, Nur, Subkhan, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/458/1/151503009%20SUNARTO.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/458/
ctrlnum 458
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprint.stieww.ac.id/458/</relation><title>PENINGKATAN NILAI HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH DENGAN MEDIA MODIFIKASI PETI LOMPAT SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KEMUDO UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017</title><creator>Sunarto, Sunarto</creator><creator>Wening, Nur</creator><creator>Subkhan, Muhammad</creator><subject>Manajemen Pendidikan</subject><description>SDN 1 Kemudo terlihat masih kurang berhasilnya guru dalam menyajikan materi lompat jauh terlihat dari kemampuan gerak siswa yang masih rendah, sehingga nilai yang diperoleh masih rendah pula. Selain hasil pembelajaran yang masih rendah, dalam pembelajaran lompat jauh banyak terjadi kesalahan yang dilakukan siswa antara lain pada saat melakukan awalan, tolakan maupun pendaratan. Peneliti mencoba dengan alat bantu lain yang efektif dan efisien yaitu modifikasi peti lompat dengan harapan agar siswa lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran, tidak merasa bosan melakukan gerakan berulang-ulang, sehingga hasil pembelajaran akan meningkat, sehingga perlu upaya untuk meningkatkannya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk peningkatan nilai hasil belajar lompat jauh dengan media modifikasi peti lompat pada siswa Kelas V SD Negeri 1 Kemudo.&#xD; Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat tahapan penting dalam penelitian tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.&#xD; Hasil penelitian tindakan kelas diketahui bahwa nilai rata-rata kemampuan lompat jauh siswa pada data awal dengan persentase ketuntasan sebesar 64,69%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu persentase ketuntasan sebesar 71,97%. Kemudian terjadi peningkatan lagi nilai rata-rata siswa pada siklus II yaitu persentase ketuntasan sebesar 78,13%. Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Proses pembelajaran lompat jauh menggunakan alat bantu peti lompat berlangsung dinamis dan menyenangkan. Peserta didik aktif melaksanakan tugas sambil mengamati gerakan teknik lompat jauh dan saling diskusi dengan teman. Hasil penelitian yang diperoleh ini mempunyai implikasi bagi perkembangan pola pengajaran pendidikan jasmani di SD pada umumnya dan SDN 1 Kemudo pada khususnya. Guru pendidikan jasmani sekolah dasar dapat menerapkan alat bantu peti lompat untuk proses pembelajaran hasil belajar lompat jauh.&#xD; &#xD; Kata kunci : Lompat Jauh, Media Modifikasi Peti Lompat</description><date>2017-02-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/458/1/151503009%20SUNARTO.pdf</identifier><identifier> Sunarto, Sunarto and Wening, Nur and Subkhan, Muhammad (2017) PENINGKATAN NILAI HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH DENGAN MEDIA MODIFIKASI PETI LOMPAT SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KEMUDO UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha. </identifier><recordID>458</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sunarto, Sunarto
Wening, Nur
Subkhan, Muhammad
title PENINGKATAN NILAI HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH DENGAN MEDIA MODIFIKASI PETI LOMPAT SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KEMUDO UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
publishDate 2017
topic Manajemen Pendidikan
url http://eprint.stieww.ac.id/458/1/151503009%20SUNARTO.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/458/
contents SDN 1 Kemudo terlihat masih kurang berhasilnya guru dalam menyajikan materi lompat jauh terlihat dari kemampuan gerak siswa yang masih rendah, sehingga nilai yang diperoleh masih rendah pula. Selain hasil pembelajaran yang masih rendah, dalam pembelajaran lompat jauh banyak terjadi kesalahan yang dilakukan siswa antara lain pada saat melakukan awalan, tolakan maupun pendaratan. Peneliti mencoba dengan alat bantu lain yang efektif dan efisien yaitu modifikasi peti lompat dengan harapan agar siswa lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran, tidak merasa bosan melakukan gerakan berulang-ulang, sehingga hasil pembelajaran akan meningkat, sehingga perlu upaya untuk meningkatkannya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk peningkatan nilai hasil belajar lompat jauh dengan media modifikasi peti lompat pada siswa Kelas V SD Negeri 1 Kemudo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat tahapan penting dalam penelitian tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas diketahui bahwa nilai rata-rata kemampuan lompat jauh siswa pada data awal dengan persentase ketuntasan sebesar 64,69%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu persentase ketuntasan sebesar 71,97%. Kemudian terjadi peningkatan lagi nilai rata-rata siswa pada siklus II yaitu persentase ketuntasan sebesar 78,13%. Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Proses pembelajaran lompat jauh menggunakan alat bantu peti lompat berlangsung dinamis dan menyenangkan. Peserta didik aktif melaksanakan tugas sambil mengamati gerakan teknik lompat jauh dan saling diskusi dengan teman. Hasil penelitian yang diperoleh ini mempunyai implikasi bagi perkembangan pola pengajaran pendidikan jasmani di SD pada umumnya dan SDN 1 Kemudo pada khususnya. Guru pendidikan jasmani sekolah dasar dapat menerapkan alat bantu peti lompat untuk proses pembelajaran hasil belajar lompat jauh. Kata kunci : Lompat Jauh, Media Modifikasi Peti Lompat
id IOS6163.458
institution STIE Widya Wiwaha
institution_id 2374
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STIE Widya Wiwaha
library_id 1870
collection Repository: STIE Widya Wiwaha
repository_id 6163
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS6163
first_indexed 2019-05-09T05:27:29Z
last_indexed 2019-05-09T05:27:29Z
recordtype dc
_version_ 1685964606537728000
score 17.538404