PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, TALK, AND WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BETON BERTULANG SISWA KELAS XI TS SMKN 2 WONOSARI GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA 2017

Main Authors: Sulimah, Sulimah, Suprihanto, John, Septiani, Irni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/436/1/152303067%20SULIMAH.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/436/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab rendahnya prestasi belajar konstruksi Beton Bertulang yang belum mencapai kriteria ketuntasan Minimal dan penggunaan model pembelajaran Think Talk and Write (TTW) pada siswa kelas XI TS SMK Negeri2 Wonosari Gunungkidul. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI TS SMK Negeri 2 Wonosari Gunungkidul yang berjumlah 31 siswa dalam satu kelas yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. hanya ada 8 siswa (25,7%) dari 31 siswa mencapai kreteria ketuntasan minimal (kkm). tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran think talk write (ttw). jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus terdiridari: (1)perencanaan, (2)pelaksanaan, (3)observasi, dan (4)refleksi. teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes.angket, dan dokumen. alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan instrumen tes. teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif diskriptif. adapun pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk mengetahui faktor –faktor penyebab rendahnya prestasi belajar konstruksi beton bertulang. observasi untuk mengetahui keaktifan siswa serta dokumen nilai siswa dengan kriteria ketuntasan minimal (kmk) 75. dan mencapai minimal 75% dari seluruh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan model pembelajaran Think Talk and Write (TTW) terbukti signifikan (1) meningkatkan prestasi belajar siswa dari siklus pertama 74,19 meningkat menjadi 83,55 (siklus II) dari jumlah 31 siswa (2) peningkatan aktifitas siswa serta dilihat dari table keaktivan. Sedangkan prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus pertama18 siswa atau 58.06% dan siklus kedua 27 siswa atau 87,1% dan terdapat kenaikan 25,8 % Penggunaan model pembelajaran Think Talk and Write (TTW) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga disarankan (1)Pelaksanaan Pembelajaran Konstruksi Beton Bertulang agar menggunakan model pembelajaran Think Talk and Write (TTW). (2) Guru hendaknya tidak mendominasi dalam pelaksanaan pembelajaran dan lebih memberikan kesempatan siswa untuk aktif. Kata Kunci: Think, Talk and Write (TTW) Prestasi, belajar