PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TENTANG DIAGONAL DAN LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK DENGAN MEDIA ALAT PERAGA KARTON BEKAS BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 PURWOREJO PADA SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Authors: | Rahmawati, Diana, Wening, Nur, Nugraheni, Agusta Ika Prihanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprint.stieww.ac.id/420/1/151602945%20DIANA%20RAHMAWATI.pdf http://eprint.stieww.ac.id/420/ |
Daftar Isi:
- Siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Purworejo tahun 2016/2017 masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang berkaitan dengan diagonal dan luas permukaan bangun ruang sisi datar kubus dan balok. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil tes yang diperoleh siswa. Sebanyak 27 dari 32 siswa belum mengalami ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu 75, dengan nilai rata-rata yang masih rendah yaitu 60. Tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika tentang diagonal dan luas permukaan bangun ruang sisi datar kubus dan balok oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Purworejo pada semester 2 tahun pelajaran 2016/2017 dengan penggunaan media alat peraga karton bekas. Analisis kualitatif data dilakukan untuk mengukur perkembangan kualitas proses pembelajaran yang diperoleh dari data hasil observasi informan kunci (siswa, guru, dan teman sejawat). Selain itu analisis data juga dilakukan untuk mengukur perkembangan kualitas hasil pembelajaran yang diperoleh dari data evaluasi tiap siklus. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 6 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran dengan media alat peraga karton bekas dapat meningkatkan prestasi belajar matematika tentang diagonal dan luas permukaan bangun ruang sisi datar kubus dan balok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Purworejo. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas terjadi peningkatan yaitu pada tes awal sebesar 60,00, naik menjadi 73,75 pada siklus I dan pada siklus II naik lagi menjadi 81,875. Untuk siswa tuntas belajar (ketuntasan 75%) pada tes awal 15,625%, tes siklus I sebesar 46,875%, dan pada tes siklus II ketuntasan mencapai 87,5%. Kata kunci: Prestasi Belajar, Matematika, Alat Peraga Karton Bekas