PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEKS DESKRIPTIF MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN LAGU DAN REALIA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 6 PURWOREJO

Main Authors: Jumiartati, Farin, Wening, Nur, Nugraheni, Agusta Ika Prihanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/395/1/151602977%20FARIN%20JUMIARTATI.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/395/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian meliputi dua hal: (1) mendeskripsikan teks tentang binatang menggunakan lagu dan realia dan (2) mendeskripsikan teks tentang orang menggunakan lagu dan realia. Pengembangan bahan ajar menulis teks deskriptif dengan lagu dan realia diharapkan dapat membantu siswa dalam menulis yang memfokuskan pada pengembangan kosakata. Untuk mencapai standar kompetensi menulis dalam pembelajaran, diperlukan strategi yang tepat. Strategi yang diduga tepat dalam penelitian ini adalah dengan lagu dan realia karena disini seolah-olah siswa berhadapan langsung dengan benda yang ditunjukkan dalam pembelajaran . Oleh karena itu dibutuhkan alternatif dalam pembelajaran antara lain dengan mengembangkan silabus, dan mengembangkan materi dalam produk bahan ajar menulis teks deskriptif dengan lagu dan realia siswa kelas VII D SMP Negeri 6 Purworejo . Dalam pembelajaran menulis teks deskriptif tidak terlepas dari bimbingan guru sehingga siswa mampu menulis teks deskriptif pendek dan sederhana dengan mudah. Dalam hal ini, siswa dilatih lebih banyak dalam mempraktikkan menulis teks deskriptif , bukan dituntut lebih banyak untuk menguasai atau menghafalkan teori tentang bahasa karena keterampilan menulis itu merupakan suatu proses pertumbuhan melalui banyak latihan. Simpulan penelitian ini adalah menggunakan lagu dan realia sangat membantu dalam meningkatkan mutu pembelajaran, siswa juga dapat berperan aktif. Penelitian dengan menggunakan media pembelajaran yang inovatif, kreatif, efektif dapat menyenangkan siswa untuk meningkatkan hasil belajar. Kata kunci: hasil belajar, teks deskriptif, lagu, realia