UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA KECAMATAN PURWOREJO TAHUN 2017

Main Authors: Susiyati, Susiyati, Widayat, Wahyu, Sofiati, Sofiati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/384/1/151602995%20SUSIYATI.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/384/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains anak melalui metode eksperimen pada anak didik Kelompok B Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kecamatan Purworejo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Model penelitian yang digunakan adalah model siklus sistem spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 18 anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kecamatan Purworejo. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Peningkatan kemampuan sains dikatakan berhasil apabila 80% dari jumlah anak termasuk dalam kriteria baik dan sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan sains anak. Kemampuan sains anak sebelum dilakukan kriteria berkembang sangat baik sejumlah 5 anak. Setelah adanya tindakan pada Siklus I yaitu anak-anak menanam kacang ijo yang kemudian diamati pertumbuhannya, ternyata anak tertarik mengikuti kegiatan eksperimen ini, dan hasilnya kemampuan sains anak meningkat sebanyak 9 anak, dan pada Siklus II pada pertemuan 1 kegiatan bermain magnet dimana anak diminta menempelkan benda-benda uji coba pada magnet kemudian melihat reaksi yang ditimbulkan dan pada pertemuan 2 dilakukan percobaan tenggelam terapung dimana Anak-anak diminta memasukkan benda-benda uji coba pada wadah berisi air kemudina melihat reaksi yang ditimbulkan. Hasil dari siklus II nilai anak meningkat hingga 17 anak mendapa kriteria berkembang sangat baik. Dalam pembelajaran menggunakan metode eksperimen, guru mengajak anak melakukan diskusi mengenai prosedur, peralatan, dan bahan untuk eksperimen serta hal-hal yang perlu diamati selama eksperimen kemudian memberikan penjelasan yang disertai contoh. Selanjutnya anak dapat mencoba mempraktikkan sendiri, melakukan pengamatan, membuktikan kebenaran dari prediksi yang dilakukan, mengatasi permasalahan yang timbul dalam percobaan, dan menarik kesimpulan. Kata kunci: keterampilan proses sains