UPAYA PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TK KARTIKA IX-28 BTC KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2017
Main Authors: | Mulyati, Sri, Widayat, Wahyu, Sofiati, Sofiati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprint.stieww.ac.id/382/1/151602990%20SRI%20MULYATI.pdf http://eprint.stieww.ac.id/382/ |
Daftar Isi:
- Peningkatan kemampuan profesional secara internal dapat dilakukan oleh kepala sekolah TK Kartika IX-28 BTC dengan cara kompetensi profesional kepada guru, walaupun masih belum optimal. Bentuk pembinaan kompetensi profesional yaitu dengan memberikan dorongan kepada guru untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya. Melakukan diskusi antar teman sejawat dan peningkatan kompetensi profesionalnya dengan belajar mandiri melalui berbagai literatur pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan kompetensi profesional yang telah dilakukan oleh guru TK Kartika IX-28 BTC Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, melalui metoda analisis data kualitatif Miles and Hubberman dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru TK Kartika IX-28 BTC berdasarkan penilaian Kepala Sekolah terhadap guru TK Kartika IX-28 BTC Purworejo ditinjau dari penguasaan materi dan metode pembelajaran secara luas dan mendalam adalah 3,19 dengan kategori Baik, kemudian ditinjau dari penguasaan kurikulum dan silabus TK memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,83 dengan kategori sangat baik, dan ditinjau dari penguasaan wawasan etika dan pengembangan profesi guru TK sebesar 3,67 dengan kategori sangat baik.Berdasarkan hasil wawancara dan analisis SWOT, upaya pengembangan kompetensi profesional yang dilakukan oleh guru TK Kartika IX-28 BTC yakni melalui supervisi, diklat, seminar, Kelompok Kegiatan Guru (KKG), diskusi dengan teman sejawat. Kata Kunci : Pengembangan Kompetensi Profesional