MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN: MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II SDIT CAHAYA INSANI TEMANGGUNG TAHUN 2017

Main Authors: Prasetianingtias, Rohmawati Zamzami, Sugiri, Slamet, Priyastiwi, Priyastiwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/380/1/152103019%20ROHMAWATI%20ZAMZAMI%20PRASETIANINGTIAS.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/380/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan Metode Pembelajaran Tematik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika, siswa kelas II C SDIT Cahaya Insani Temanggung tentang pengukuran berat , panjang dan waktu.Pembelajaran tematik merupakan salah satu usaha untuk mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, nilai atau sikap pembelajaran, serta pemikiran yang kreatif dengan menggunakan tema. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis yang merupakan hasil belajar siswa untuk ditentukan nilai rata-rata kelas dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Pembelajaran Tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada pembelajaran pra-siklus sebesar 65,76 dengan jumlah siswa yang mencapai nilai KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal ) sebesar 31,2% menjadi 71,17 dengan 62,5% siswa yang mencapai KKM pada siklus 1 dan meningkat menjadi 89, 5 dimana 97 % siswa sudah mencapai KKM pada siklus 2. Kesimpulannya:penerapan pendekatan pembelajaran tematik dapat meningkatkan pencapaian standar kompetensi menggunakan pengukuran berat, panjang, dan waktu dalam pemecahan masalah, sekurang-kurangnya mencapai nilai KKM sebesar 75 melalui penerapan pembelajaran tematik. Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Prestasi Siswa