STRATEGI PEMASARAN MENINGKATKAN DAYA SAING PERKEMBANGAN BATIK ( STUDI KASUS PADA BATIK BIXA NATURAL COLOUR DI YOGYAKARTA)
Main Authors: | Anggraeni, Chyntia Puspita, Sutikno, Bayu, Zuraida, Lukia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprint.stieww.ac.id/362/1/152303125%20CHYNTIA%20PUSPITA%20ANGGRAENI.pdf http://eprint.stieww.ac.id/362/ |
Daftar Isi:
- Munculnya persaingan dalam dunia bisnis perusahaan dihadapkan berbagai peluang dan ancaman baik berasal dari luar maupun dalam negri, sehingga daya saing terhadap perusahaan dapat dilihat dari kelemahan dan kekuatan masing – masing perusahaan. Industri rumahan ditanah air saat ini menghadapi persaingan yang ketat sehingga strategi pemasaran perusahaan sangat diperlukan untuk meningkatkan laju perkembangan produk saat ini, seperti halnya industri batik Bixa Natural Colour yang memiliki keunggulan tersendiri memakai pewarna alami dari tumbuh – tumbuhan sehingga pemasaran produk yang unik dan berkualitas tinggi dapat menembus pangsa pasar dalam negri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskritif kualitatif, untuk menggambarkan strategi pemasaran meningkatkan daya saing perkembangan batik ( studi kasus pada Batik Bixa Natural Colour ). Teknik metode penelitian ini dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Melihat strategi pemasaran tersebut perkembangan daya saing dalam industri batik ini digunakanlah analisis SWOT untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari yang berada faktor internal dan eksternal dalam industri batik Bixa Natural Colour. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, batik Natural Colour, SWOT.