PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DAN KARAWITAN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI DONOROJO I KECAMATAN DONOROJO, KABUPATEN PACITAN

Main Authors: Maryatun, Dati, Widayat, Wahyu, Tjahjono, Achmad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/319/1/161403342%20DATI%20MARYATUN.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/319/
ctrlnum 319
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprint.stieww.ac.id/319/</relation><title>PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DAN KARAWITAN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI DONOROJO I KECAMATAN DONOROJO, KABUPATEN PACITAN</title><creator>Maryatun, Dati</creator><creator>Widayat, Wahyu</creator><creator>Tjahjono, Achmad</creator><subject>Manajemen Pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengkaji pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan Karawitan yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. (2) Untuk mendeskripsikan peran kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan Karawitan dalam pengembangan karakter siswa di Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.&#xD; Jenis atau desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan atau kancah (field research) dengan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Donorojo I. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Pembina Pramuka, Pelatih Karawitan Jawa dan Dewan Galang serta rangkaian aktivitas yang dikerjakan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Triangulasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif model Milles dan Huberman.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan Karawitan dalam menanamkan nilai-nilai karakter di Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan dapat dinyatakan efektif dan efisien. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan Karawitan berjalan efektif dan efisien diperoleh dari hasil ukuran, yaitu: ketepatan sasaran program, pelaksanaan program, dan pemantauan program. (b) Kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan Karawitan dapat mengembangkan karakter siswa di Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan dalam kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan Karawitan di Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan telah didasarkan pada Trisatya dan Dasadarma Pramuka Penggalang serta kekompakan dan alunan nada serta syair dalam Karawitan. Metode Kepramukaan yang telah dilaksanakan selain itu, salah satunya adalah metode di alam terbuka yang mencakup penerapan nilai-nilai karakter, sedangkan untuk kegiatan Karawitan menggunakan metode pentas seni. Pemantauan perkembangan siswa dapat dilihat dari hasil evaluasi dan sikap siswa ke arah yang lebih positif.&#xD; &#xD; Kata Kunci: Ekstrakurikuler, Kepramukaan dan Karawitan, Pendidikan Karakter</description><date>2018-04-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/319/1/161403342%20DATI%20MARYATUN.pdf</identifier><identifier> Maryatun, Dati and Widayat, Wahyu and Tjahjono, Achmad (2018) PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DAN KARAWITAN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI DONOROJO I KECAMATAN DONOROJO, KABUPATEN PACITAN. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha. </identifier><recordID>319</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Maryatun, Dati
Widayat, Wahyu
Tjahjono, Achmad
title PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DAN KARAWITAN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI DONOROJO I KECAMATAN DONOROJO, KABUPATEN PACITAN
publishDate 2018
topic Manajemen Pendidikan
url http://eprint.stieww.ac.id/319/1/161403342%20DATI%20MARYATUN.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/319/
contents Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengkaji pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan Karawitan yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. (2) Untuk mendeskripsikan peran kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan Karawitan dalam pengembangan karakter siswa di Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Jenis atau desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan atau kancah (field research) dengan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Donorojo I. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Pembina Pramuka, Pelatih Karawitan Jawa dan Dewan Galang serta rangkaian aktivitas yang dikerjakan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Triangulasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan Karawitan dalam menanamkan nilai-nilai karakter di Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan dapat dinyatakan efektif dan efisien. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan Karawitan berjalan efektif dan efisien diperoleh dari hasil ukuran, yaitu: ketepatan sasaran program, pelaksanaan program, dan pemantauan program. (b) Kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan Karawitan dapat mengembangkan karakter siswa di Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan dalam kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan Karawitan di Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan telah didasarkan pada Trisatya dan Dasadarma Pramuka Penggalang serta kekompakan dan alunan nada serta syair dalam Karawitan. Metode Kepramukaan yang telah dilaksanakan selain itu, salah satunya adalah metode di alam terbuka yang mencakup penerapan nilai-nilai karakter, sedangkan untuk kegiatan Karawitan menggunakan metode pentas seni. Pemantauan perkembangan siswa dapat dilihat dari hasil evaluasi dan sikap siswa ke arah yang lebih positif. Kata Kunci: Ekstrakurikuler, Kepramukaan dan Karawitan, Pendidikan Karakter
id IOS6163.319
institution STIE Widya Wiwaha
institution_id 2374
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STIE Widya Wiwaha
library_id 1870
collection Repository: STIE Widya Wiwaha
repository_id 6163
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS6163
first_indexed 2018-09-19T06:41:45Z
last_indexed 2019-05-09T05:27:27Z
recordtype dc
_version_ 1685964604245540864
score 17.538404