PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DAN KARAWITAN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI DONOROJO I KECAMATAN DONOROJO, KABUPATEN PACITAN
Main Authors: | Maryatun, Dati, Widayat, Wahyu, Tjahjono, Achmad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprint.stieww.ac.id/319/1/161403342%20DATI%20MARYATUN.pdf http://eprint.stieww.ac.id/319/ |
ctrlnum |
319 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprint.stieww.ac.id/319/</relation><title>PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DAN KARAWITAN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI DONOROJO I KECAMATAN DONOROJO, KABUPATEN PACITAN</title><creator>Maryatun, Dati</creator><creator>Widayat, Wahyu</creator><creator>Tjahjono, Achmad</creator><subject>Manajemen Pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengkaji pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan Karawitan yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. (2) Untuk mendeskripsikan peran kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan Karawitan dalam pengembangan karakter siswa di Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.
Jenis atau desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan atau kancah (field research) dengan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Donorojo I. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Pembina Pramuka, Pelatih Karawitan Jawa dan Dewan Galang serta rangkaian aktivitas yang dikerjakan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Triangulasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif model Milles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan Karawitan dalam menanamkan nilai-nilai karakter di Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan dapat dinyatakan efektif dan efisien. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan Karawitan berjalan efektif dan efisien diperoleh dari hasil ukuran, yaitu: ketepatan sasaran program, pelaksanaan program, dan pemantauan program. (b) Kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan Karawitan dapat mengembangkan karakter siswa di Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan dalam kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan Karawitan di Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan telah didasarkan pada Trisatya dan Dasadarma Pramuka Penggalang serta kekompakan dan alunan nada serta syair dalam Karawitan. Metode Kepramukaan yang telah dilaksanakan selain itu, salah satunya adalah metode di alam terbuka yang mencakup penerapan nilai-nilai karakter, sedangkan untuk kegiatan Karawitan menggunakan metode pentas seni. Pemantauan perkembangan siswa dapat dilihat dari hasil evaluasi dan sikap siswa ke arah yang lebih positif.

Kata Kunci: Ekstrakurikuler, Kepramukaan dan Karawitan, Pendidikan Karakter</description><date>2018-04-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/319/1/161403342%20DATI%20MARYATUN.pdf</identifier><identifier> Maryatun, Dati and Widayat, Wahyu and Tjahjono, Achmad (2018) PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DAN KARAWITAN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI DONOROJO I KECAMATAN DONOROJO, KABUPATEN PACITAN. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha. </identifier><recordID>319</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Maryatun, Dati Widayat, Wahyu Tjahjono, Achmad |
title |
PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DAN KARAWITAN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI DONOROJO I KECAMATAN DONOROJO, KABUPATEN PACITAN |
publishDate |
2018 |
topic |
Manajemen Pendidikan |
url |
http://eprint.stieww.ac.id/319/1/161403342%20DATI%20MARYATUN.pdf http://eprint.stieww.ac.id/319/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengkaji pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan Karawitan yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. (2) Untuk mendeskripsikan peran kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan Karawitan dalam pengembangan karakter siswa di Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.
Jenis atau desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan atau kancah (field research) dengan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Donorojo I. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Pembina Pramuka, Pelatih Karawitan Jawa dan Dewan Galang serta rangkaian aktivitas yang dikerjakan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Triangulasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif model Milles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan Karawitan dalam menanamkan nilai-nilai karakter di Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan dapat dinyatakan efektif dan efisien. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan Karawitan berjalan efektif dan efisien diperoleh dari hasil ukuran, yaitu: ketepatan sasaran program, pelaksanaan program, dan pemantauan program. (b) Kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan Karawitan dapat mengembangkan karakter siswa di Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan dalam kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan dan Karawitan di Sekolah Dasar Negeri Donorojo I Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan telah didasarkan pada Trisatya dan Dasadarma Pramuka Penggalang serta kekompakan dan alunan nada serta syair dalam Karawitan. Metode Kepramukaan yang telah dilaksanakan selain itu, salah satunya adalah metode di alam terbuka yang mencakup penerapan nilai-nilai karakter, sedangkan untuk kegiatan Karawitan menggunakan metode pentas seni. Pemantauan perkembangan siswa dapat dilihat dari hasil evaluasi dan sikap siswa ke arah yang lebih positif.
Kata Kunci: Ekstrakurikuler, Kepramukaan dan Karawitan, Pendidikan Karakter |
id |
IOS6163.319 |
institution |
STIE Widya Wiwaha |
institution_id |
2374 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan STIE Widya Wiwaha |
library_id |
1870 |
collection |
Repository: STIE Widya Wiwaha |
repository_id |
6163 |
subject_area |
Generalities(Karya Umum) |
city |
KOTA YOGYAKARTA |
province |
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA |
repoId |
IOS6163 |
first_indexed |
2018-09-19T06:41:45Z |
last_indexed |
2019-05-09T05:27:27Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1685964604245540864 |
score |
17.538404 |