EVALUASI DAN STRATEGI PENINGKATAN KINERJA DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, DAN OLAHRAGA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2017
Main Authors: | Santosa, Priya, PH, Slamet, Suhartono, Suhartono |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprint.stieww.ac.id/286/1/161103152%20PRIYA%20SANTOSA.pdf http://eprint.stieww.ac.id/286/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja guna menemukan faktor-faktor yang menyebabkan belum optimalnya capaian kinerja Dinas Pendidkan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk merumuskan strategi yang tepat guna memperbaiki capaian kinerja Dinas Pendidkan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2017 sampai dengan bulan Maret 2018 bertempat di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta. Desain penelitian yang digunkan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan telaah dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data kualitatif menggunakan model Miles and Huberman yaitu dengan teknik analisis interaktif yang dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian terhadap evaluasi kinerja menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan belum optimalnya capaian kinerja Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta berdasarkan Standar Penilaian Kinerja Kegiatan Instansi (PKKI) disebabkan karena (1) perencanaan yang tidak matang (2) pelaksanaan kegiatan tidak konsisten (3) keterlambatan dalam pertanggungjawaban karena faktor internal (4) jumlah PPTK cukup banyak dengan rentang kendali yang sangat luas. Sedangkan strategi yang tepat untuk diterapkan dalam rangka meningkatkan capaian kinerja adalah (1) mengalokasikan waktu yang cukup dalam menyiapkan program/kegiatan dan melakukan pendampingan serta verifikasi/validasi melalui desk perencanaan (2) membangun komitmen, dan konsisten merealisasikan kegiatan berdasarkan target baik fisik maupun keuangan (3) penguatan SDM Pengelola Keuangan dan pendampingan berkelanjutan untuk mempercepat realisasi anggaran (4) melimpahkan sebagian kewenangan Pengguna Anggaran/PA dengan membentuk Kuasa Pengguna Anggaran/KPA pada Balai Pendidikan Menengah di Kabupaten/Kota untuk mendekatkan pelayanan pada Satuan Pendidikan di masing-masing wilayah. Kata kunci : evaluasi, strategi, kinerja.