STRATEGI PENINGKATAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DASAR DENGAN TEKNIK COACHING (PEMBIMBINGAN) POLA IN-ON-IN-ON DI DABIN III KECAMATAN NGADIREJO TAHUN 2018
Main Authors: | Suryanti, Ida, Suud, Muhammad, Zuraida, Lukia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprint.stieww.ac.id/285/1/161303206%20IDA%20SURYANTI.pdf http://eprint.stieww.ac.id/285/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervise akademik kepala Sekolah Dasar, mengungkap faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan supervise akademik untuk kemudian menentukan strategi yang efektif untuk meningkatkan kompetensi supervise akademik kepala Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervise akademik yang dilakukan kepala sekolah di Dabin III Kecamatan Ngadirejo belum dilaksanakan secara sistematis dan terprogram, Faktor penghambatnya adalah kompetensi supervise akademik kepala sekolah yang rendah, serta kompleksitas dan beban tugas yang berat. Sedangkan faktor pendukungnya adalah kepala sekolah memiliki rencana/program supervise , serta semangat dan rasa tanggung jawab sebagai kepala sekolah. Maka perlu diadakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi supervise akademik kepala sekolah. Upaya yang dilakukan adalah melalui kegiatan Coaching (pembimbingan) dengan pola in-on-in-on. Kata kunci: supervise akademik, kepala sekolah, coaching pola in-on-in-on