EVALUASI KINERJA PUSKESMAS KEBUMEN I KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2017
Main Authors: | Paryati, Paryati, Suprihanto, John, Akhmad, Jazuli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprint.stieww.ac.id/282/1/161103173%20PARYATI.pdf http://eprint.stieww.ac.id/282/ |
Daftar Isi:
- Puskesmas adalah salah satu sarana pelayanan kesehatan masyarakat dan sebagai unit pelaksana teknis dinas kesehatan kabupaten yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja. Evaluasi kinerja adalah suatu proses suatu penilaian kemajuan pekerjaan terhadap tujuan dan sasaran yang telah ditentukan sebelumnya, termasuk informasi dan efisiensi penggunaan sumber daya dalam menghasilkan barang dan jasa serta efektifitas tindakan dalam mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Puskesmas Kebumen I dengan menggunakan metode Balanced Scorecard pada tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Variabel yang digunakan adalah perspektif-perspektif yang ada di dalam metode Balanced Scorecard, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Metode pengumpulan datanya adalah dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan dari perspektif keuangan sudah menunjukkan kinerja yang sudah baik, perspektif pelanggan kinerjanya sudah baik, perspektif proses bisnis internal kinerjanya diketahui sangat baik, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan kinerja yang tidak baik. Namun, secara keseluruhan dari hasil empat perspektif yang dianalisis menunjukkan hasil bahwa kinerja Puskesmas Kebumen I termasuk dalam kategori baik. Kata Kunci: Evaluasi, Kinerja, Puskesmas Kebumen I, Balanced Scorecard