PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KEMBARAN KECAMATAN CANDIMULYO MAGELANG

Main Authors: Fadhilah, Fadhilah, Putro, Khamim Zarkasih, Priyastiwi, Priyastiwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/276/1/161203198%20FADHILAH.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/276/
ctrlnum 276
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprint.stieww.ac.id/276/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KEMBARAN KECAMATAN CANDIMULYO MAGELANG</title><creator>Fadhilah, Fadhilah</creator><creator>Putro, Khamim Zarkasih</creator><creator>Priyastiwi, Priyastiwi</creator><subject>Manajemen Pendidikan</subject><description>Pembelajaran akan bermakna apabila guru melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. hasil observasi menunjukkan bahwa guru belum melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran sehingga hasil belajar Matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui Pembelajaran Matematika Realistik pada siswa kelas VI SD Negeri Kembaran Kecamatan Candimulyo Magelang. Hasil belajar yang digunakan meliputi hasil belajar kognitif dan sikap siswa selama mengikuti pembelajaran.&#xD; Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan modifikasi model Kemmis &amp; McTaggart dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian meliputi siswa kelas VI SD Negeri Kembaran yang berjumlah 15 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar Matematika melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Matematika siswa kelas VI SD Negeri Kembaran Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang dapat meningkat setelah diberi tindakan melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Pembelajaran Matematika Realistik yang digunakan adalah menggunakan masalah nyata dalam kehidupan, menggunakan alat peraga, mendiskusikan hasil, menemukan konsep, kemudian guru memperkenalkan prosedur baku rumus dan mengaitkan konsep lain dalam matematika yang berhubungan. Siswa tidak langsung mendapatkan rumus tetapi terlebih dahulu telibat langsung melakukan pengamatan menggunakan alat peraga dan diskusi kelompok sehingga menemukan konsep. Hasil belajar kognitif pada pra tindakan menunjukkan bahwa sebanyak 3 siswa (20%) telah mencapai KKM kemudian pada siklus I meningkat menjadi 8 siswa (53,33%) dan pada siklus II meningkat menjadi 12 siswa (80%). Hasil rata-rata sikap siklus I mencapai 58,33% sedangkan siklus II diperoleh hasil rata-rata sikap sebesar 77,5%. Dengan demikian, Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VI SD Negeri Kembaran Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang.&#xD; &#xD; Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Matematika Realistik, siswa SD</description><date>2018-04-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/276/1/161203198%20FADHILAH.pdf</identifier><identifier> Fadhilah, Fadhilah and Putro, Khamim Zarkasih and Priyastiwi, Priyastiwi (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KEMBARAN KECAMATAN CANDIMULYO MAGELANG. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha. </identifier><recordID>276</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fadhilah, Fadhilah
Putro, Khamim Zarkasih
Priyastiwi, Priyastiwi
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KEMBARAN KECAMATAN CANDIMULYO MAGELANG
publishDate 2018
topic Manajemen Pendidikan
url http://eprint.stieww.ac.id/276/1/161203198%20FADHILAH.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/276/
contents Pembelajaran akan bermakna apabila guru melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. hasil observasi menunjukkan bahwa guru belum melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran sehingga hasil belajar Matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui Pembelajaran Matematika Realistik pada siswa kelas VI SD Negeri Kembaran Kecamatan Candimulyo Magelang. Hasil belajar yang digunakan meliputi hasil belajar kognitif dan sikap siswa selama mengikuti pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan modifikasi model Kemmis & McTaggart dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian meliputi siswa kelas VI SD Negeri Kembaran yang berjumlah 15 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar Matematika melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Matematika siswa kelas VI SD Negeri Kembaran Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang dapat meningkat setelah diberi tindakan melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Pembelajaran Matematika Realistik yang digunakan adalah menggunakan masalah nyata dalam kehidupan, menggunakan alat peraga, mendiskusikan hasil, menemukan konsep, kemudian guru memperkenalkan prosedur baku rumus dan mengaitkan konsep lain dalam matematika yang berhubungan. Siswa tidak langsung mendapatkan rumus tetapi terlebih dahulu telibat langsung melakukan pengamatan menggunakan alat peraga dan diskusi kelompok sehingga menemukan konsep. Hasil belajar kognitif pada pra tindakan menunjukkan bahwa sebanyak 3 siswa (20%) telah mencapai KKM kemudian pada siklus I meningkat menjadi 8 siswa (53,33%) dan pada siklus II meningkat menjadi 12 siswa (80%). Hasil rata-rata sikap siklus I mencapai 58,33% sedangkan siklus II diperoleh hasil rata-rata sikap sebesar 77,5%. Dengan demikian, Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VI SD Negeri Kembaran Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Matematika Realistik, siswa SD
id IOS6163.276
institution STIE Widya Wiwaha
institution_id 2374
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STIE Widya Wiwaha
library_id 1870
collection Repository: STIE Widya Wiwaha
repository_id 6163
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS6163
first_indexed 2018-09-19T06:41:40Z
last_indexed 2018-09-19T06:41:40Z
recordtype dc
_version_ 1685964603929919488
score 17.538404