UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PLAYEN GUNUNGKIDUL

Main Authors: Minulyo, Kelik, Putro, Khamim Zarkasih, Hamid, Mudasetia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/1434/1/view_usp%3Dsharing
http://eprint.stieww.ac.id/1434/2/view_usp%3Dsharing
http://eprint.stieww.ac.id/1434/
http://www.stieww.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian, kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kepemimpinan kepala sekolah merupakan kemampuan dan kesiapan untuk mempengaruhi, menggerakkan, dan membina para pendidik dan tenaga kependidikan sehingga mereka melakukan tugas pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan. Ketidakmampuan kepala sekolah untuk memahami peran dan fungsi sebagai manager, administrator, dan supervisor menjadi permasalahan yang sering muncul. Permasalahan ini akan berpengaruh pada kinerja guru dan karyawan, yang berkaitan dengan ketercapaian tujuan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peran kepala sekolah sebagai manager dalam peningkatan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Playen Gunungkidul. (2) peran kepala sekolah sebagai administrator dalam peningkatan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Playen Gunungkidul, dan (3) peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam peningkatan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Playen Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif . Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data interaktif menurut Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) kepala SMP Negeri 1 Playen Gunungkidul kurang dapat melaksanakan peran dan fungsinya sebagai manager dalam peningkatan mutu pendidikan berkaitan dengan kemampuannya berhubungan dengan bawahan, memberikan contoh yang baik, dan kemampuan dalam pengambilan keputusan bersama, (2) kepala SMP Negeri 1 Playen Gunungkidul belum mampu sebagai administrator yang baik berkaitan dengan kemampuan memahami lingkungan secara cermat dan menyusun strategi dalam melakukan perubahan dan perbaikan sekolah, baik mengenai sumber daya manusia maupun alat atau media pembelajaran yang memadai, dan (3) kepala SMP Negeri 1 Playen Gunungkidul telah mampu berperan sebagai supervisor dalam peningkatan mutu pendidikan berkaitan dengan pembinaan dan supervisi kepada seluruh guru dan karyawan agar dapat meningkatkan kemampuan untuk mengembangkan situasi belajar mengajar dengan lebih baik sesuai dengan tujuan pendidikan serta bertanggungjawab untuk membina, memantau, dan memperbaiki proses pembelajaran. Kata kunci: Peran kepemimpinan, Kepala Sekolah, Mutu pendidikan.