UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN INDUKSI MAGNETIK MELALUI METODE TUTOR SEBAYA MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS XII MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (MIPA) 3 SMA NEGERI 1 BAMBANGLIPURO BANTUL TAHUN PELAJARAN 2020-2021
Main Authors: | Jumiyati, Jumiyati, Putro, Khamim Zarkasih, Hamid, Mudasetia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprint.stieww.ac.id/1421/1/view_usp%3Dsharing http://eprint.stieww.ac.id/1421/2/view_usp%3Dsharing http://eprint.stieww.ac.id/1421/ http://www.stieww.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar fisika pada pokok bahasan induksi magnetik di kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 1 Bambanglipuro. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dua kali pertemuan (tatap muka). Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian sebanyak 34 orang. Setiap pertemuan menggunakan langkah-langkah tindakan: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, catatan lapangan dan tes hasil belajar Hasil penelitian menunjukkan, dengan metode tutor sebaya proses pembelajaran fisika berlangsung efektif, sehingga prestasi belajar fisika meningkat. Hal ini dapat dilihat dari: (a) aspek nilai rata-rata meningkat dari 57,35 menjadi 83,21. Sedangkan peningkatan ketuntasan prestasi belajar siswa meningkat dari 32,35 % menjadi 88,24 %. Hasil penelitian tersebut juga didukung oleh penilaian proses pembelajaran oleh kolaborator mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan menjadi sangat baik. Kata Kunci: Metode Tutor Sebaya, Hasil Belajar Siswa