PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN TEKNIK JIGSAW DI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 JLADRI KECAMATAN BUAYAN KABUPATEN KEBUMEN
Main Author: | Suginah, Suginah |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed Book Thesis |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STIE Widya Wiwaha
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprint.stieww.ac.id/1400/1/view_usp%3Dsharing http://eprint.stieww.ac.id/1400/ http://stieww.ac.id |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah penerapann Teknik Jigsaw sebagai upaya meningkatkan hasil belajar IPS kelas VI di Sekolah Dasar Negeri 2 Jladri. Penelitian ini dilaksanakan dalam kelas meliputi kegiatan Pelaksanaan Tindakan Kelas (PTK) berupa kegiatan refleksi awal dan melakukan observasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun hasil penelitian PTK ini adalah: 1) Pada Siklus I penerapan Teknik Jigsaw memperoleh hasil belajar dari 20 orang siswa diperoleh 9 orang yang tuntas dengan 45% dan 11 orang yang tidak tuntas dengan 55%; 2) dengan perolehan rata-rata 65,50% Pada Siklus II diperoleh hasil belajar dari 20 orang siswa diperoleh 18 orang yang tuntas dengan 90% dan 2 orang yang tidak tuntas dengan 10%. Dapat disimpulkan penerapan Teknik Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 2 Jladri Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen. Kata kunci: Hasil Belajar,IPS, Cooperatif Learning Teknik Jigsaw