MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SMP NEGERI 1 TEMON KULON PROGO YOGYAKARTA

Main Author: Sukaryana, Sukaryana
Format: BookSection PeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: STIE Widya Wiwaha , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/1398/1/view_usp%3Dsharing
http://eprint.stieww.ac.id/1398/
http://stieww.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat baca siswa SMP Negeri 1 Temon Kulon Progo yang masih rendah. Dari masalah rendahnya minat baca tersebut dicari penyebab dan upaya untuk meningkatkannya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian diskripsi. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor–faktor yang menyebabkan minat baca rendah, memberi alasan mengapa minat baca rendah dan kemudian ada upaya untuk meningkatkan minat baca yang dilakukan di SMP Negeri 1 Temon. Subyek penelitian ini adalah siswa, guru dan tenaga kependidikan yang melakukan aktifitas di sekolah. Populasi dengan jumlah siswa 391, guru dan tenaga kependidikan 35 orang. Penentuan subyek dilakukan dengan sampel secara acak yang terdiri dari 60 siswa dan 12 guru/ tenaga kependidikan sebagai responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan wawancara. Observasi digunakan untuk mengamati kondisi minat baca dan faktor pendukungnya, angket untuk mengetahui seberapa minat baca siswa sedangkan wawancara untuk mengetahui pendapat tentang minat baca yang rendah dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan minat baca. Data dianalisis secara diskriptif kualitatif dengan cara mereduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat baca yang rendah itu disebabkan oleh faktor internal seperti bakat/pembawaan, jenis kelamin dan kebiasaan dan eksternal seperti lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan lingkungan sosial. Bukti yang menunjukkan minat baca rendah diamati dari data kunjungan perpustakaan, pendapat siswa, guru dan tenaga pustakawan. Upaya untuk meningkatkan minat baca dengan pembiasaan, kerja sama dengan guru, perpustakaan, orang tua, menambah sarana prasarana perpustakaan dan membentuk TIM Literasi disertai dengan programnya. Hasil penelitian dapat membantu sekolah dalam menghadapi masalah minat baca yang rendah dan mengupayakan agar minat baca menjadi meningkat. Kata kunci: minat, baca, upaya meningkatkan.