PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BANYUMUDAL KECAMATAN BUAYAN KABUPATEN KEBUMEN
Main Author: | Atmoko, Dwi |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed Book Thesis |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STIE Widya Wiwaha
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprint.stieww.ac.id/1391/1/view_usp%3Dsharing http://eprint.stieww.ac.id/1391/ http://stieww.ac.id |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning sebagai upaya meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 1 Banyumudal. Penelitian ini dilaksanakan dalam kelas meliputi kegiatan Pelaksanaan Tindakan Kelas (PTK) berupa kegiatan refleksi awal dan melakukan observasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun temuan penelitian PTK ini adalah: 1) Pada Siklus I penerapan model pembelajaran Problem Based Learning memperoleh hasil belajar dari 28 orang siswa diperoleh 20 orang yang tuntas dengan 71,43% dan 8 orang yang tidak tuntas dengan 28,57%; 2) Pada Siklus II diperoleh hasil belajar dari 28 orang siswa diperoleh 25 orang yang tuntas dengan 89,29% dan 3 orang yang tidak tuntas dengan 10,71%. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Banyumudal Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen. Kata kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, IPA