PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DISCOVERY-INQUIRY PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PAKURAN KECAMATAN BUAYAN KABUPATEN KEBUMEN
Main Author: | Sukasno, Sukasno |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed Book Thesis |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STIE Widya Wiwaha
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprint.stieww.ac.id/1390/1/view_usp%3Dsharing http://eprint.stieww.ac.id/1390/ http://stieww.ac.id |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran dengan metode discovery-inquirysebagai upaya peningkatan hasil belajar IPA kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Pakuran Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen..Jenis Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 4 tahapan yaitu : (1) Perencanaan (Planning), (2) Pelaksanaan (acting), (3) Pengamatan (Observing), (4) Refleksi (Reflecting).Hasil analisis data penelitian ini dikemukakan bahwa pada tahapan Pra siklus terdapat 32 % siswa yang belum tuntas dan 68 % siswa yang sudah tuntas. Pada Siklus I diperoleh data bahwa 52 % siswa yang belum tuntas dan 48 % siswa yang tuntas. Pada siklus II diperoleh data bahwa 8 % siswa yang belum tuntas dan 92 % siswa yang sudah tuntas. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran discovery-Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pakuran Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen. Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA, Metode Discovery-Inquiry