PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DISCOVERY-INQUIRY PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PAKURAN KECAMATAN BUAYAN KABUPATEN KEBUMEN

Main Author: Sukasno, Sukasno
Format: BookSection PeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: STIE Widya Wiwaha , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/1390/1/view_usp%3Dsharing
http://eprint.stieww.ac.id/1390/
http://stieww.ac.id
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran dengan metode discovery-inquirysebagai upaya peningkatan hasil belajar IPA kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Pakuran Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen..Jenis Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 4 tahapan yaitu : (1) Perencanaan (Planning), (2) Pelaksanaan (acting), (3) Pengamatan (Observing), (4) Refleksi (Reflecting).Hasil analisis data penelitian ini dikemukakan bahwa pada tahapan Pra siklus terdapat 32 % siswa yang belum tuntas dan 68 % siswa yang sudah tuntas. Pada Siklus I diperoleh data bahwa 52 % siswa yang belum tuntas dan 48 % siswa yang tuntas. Pada siklus II diperoleh data bahwa 8 % siswa yang belum tuntas dan 92 % siswa yang sudah tuntas. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran discovery-Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pakuran Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen. Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA, Metode Discovery-Inquiry