MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI LEMBAGA KEUANGAN DAN PERDAGANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW SISWA KELAS X IPS -1 DI SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG

Main Author: Mubarok, Fakhrudin
Format: BookSection PeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: STIE Widya Wiwaha , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/1385/1/view_usp%3Dsharing
http://eprint.stieww.ac.id/1385/
http://stieww.ac.id
ctrlnum 1385
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprint.stieww.ac.id/1385/</relation><title>MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI LEMBAGA KEUANGAN DAN PERDAGANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW SISWA KELAS X IPS -1 DI SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG</title><creator>Mubarok, Fakhrudin</creator><subject>Manajemen Pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menguji metode jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar materi lembaga keuangan dan perdagangan siswa kelas X IPS &#x2013; 1 SMA Muhammadiyah Gombong. Adapun rumusan masalah pada PTK ini adalah Apakah Bagaimanakah dan sejauh manakah pembelajaran JIGSAW dapat meningkatkan aktivitas siswa pada materi lembaga keuangan dan perdagangan pelajaran IPS kelas X IPS-1 di SMA Muhammadiyah Gombong. Penelitian ini menggunakan alat analisis yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif komparatif dengan subjek siswa kelas X IPS &#x2013; 1 sejumlah 29 siswa. Desain penelitian dengan menggunakan siklus I dan siklus II. Pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan tes tertulis. Hasil analisis data dengan membandingkan kegiatan pra skilus, siklus I dan siklus II diperoleh hasil Siklus I dari 29 siswa, yang mendapatkan Nilai 90-100 = 6 siswa (20.6%) yang mendapatkan Nilai 70-89 = 19 siswa (65.6%) yang mendapatkan Nilai 50-69= 4 siswa (13.8%) sedangkan nilai rata-rata 78.97. Siklus II dari 29 siswa, yang mendapatkan Nilai 90-100 = 13 siswa (44.8%) yang mendapatkan Nilai 70-89 = 16 siswa (55.2%) yang mendapatkan Nilai 50-69= 0 sedangkan nilai rata-rata 86.90 sehingga mengalami kenaikan nilai rata- rata 7.93. Siklus I Aktif belajar = 7 siswa (24.1%). Memahami materi ajar = 14 siswa (48.3%) Belajar mandiri = 18 siswa (27.6%). Siklus II Aktif belajar = 20 siswa (68.97%) Memahami materi ajar = 26 siswa (89.66 %) Belajar mandiri = 16 siswa (55.17%). Dengan hasil yang diperoleh pada siklus I maupun siklus II terbukti bahwa metode jigsaw dapat Memperbaiki pembelajaran, Metode Inovasi, Meningkatkan Aktifitas Siswa&#xD; Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif Jigsaw, Hasil belajar</description><publisher>STIE Widya Wiwaha</publisher><date>2020-01-30</date><type>Book:BookSection</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/1385/1/view_usp%3Dsharing</identifier><identifier> Mubarok, Fakhrudin (2020) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI LEMBAGA KEUANGAN DAN PERDAGANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW SISWA KELAS X IPS -1 DI SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG. In: Seminar Nasional dan Call For Paper 2020 : &#x201C;Paradigma Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era 4.0&#x201D;. STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta, pp. 309-314. ISBN 978-602-51174-9-7 </identifier><relation>http://stieww.ac.id</relation><recordID>1385</recordID></dc>
language eng
format Book:BookSection
Book
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Thesis:Thesis
Thesis
author Mubarok, Fakhrudin
title MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI LEMBAGA KEUANGAN DAN PERDAGANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW SISWA KELAS X IPS -1 DI SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG
publisher STIE Widya Wiwaha
publishDate 2020
isbn 9786025117497
topic Manajemen Pendidikan
url http://eprint.stieww.ac.id/1385/1/view_usp%3Dsharing
http://eprint.stieww.ac.id/1385/
http://stieww.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk menguji metode jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar materi lembaga keuangan dan perdagangan siswa kelas X IPS – 1 SMA Muhammadiyah Gombong. Adapun rumusan masalah pada PTK ini adalah Apakah Bagaimanakah dan sejauh manakah pembelajaran JIGSAW dapat meningkatkan aktivitas siswa pada materi lembaga keuangan dan perdagangan pelajaran IPS kelas X IPS-1 di SMA Muhammadiyah Gombong. Penelitian ini menggunakan alat analisis yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif komparatif dengan subjek siswa kelas X IPS – 1 sejumlah 29 siswa. Desain penelitian dengan menggunakan siklus I dan siklus II. Pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan tes tertulis. Hasil analisis data dengan membandingkan kegiatan pra skilus, siklus I dan siklus II diperoleh hasil Siklus I dari 29 siswa, yang mendapatkan Nilai 90-100 = 6 siswa (20.6%) yang mendapatkan Nilai 70-89 = 19 siswa (65.6%) yang mendapatkan Nilai 50-69= 4 siswa (13.8%) sedangkan nilai rata-rata 78.97. Siklus II dari 29 siswa, yang mendapatkan Nilai 90-100 = 13 siswa (44.8%) yang mendapatkan Nilai 70-89 = 16 siswa (55.2%) yang mendapatkan Nilai 50-69= 0 sedangkan nilai rata-rata 86.90 sehingga mengalami kenaikan nilai rata- rata 7.93. Siklus I Aktif belajar = 7 siswa (24.1%). Memahami materi ajar = 14 siswa (48.3%) Belajar mandiri = 18 siswa (27.6%). Siklus II Aktif belajar = 20 siswa (68.97%) Memahami materi ajar = 26 siswa (89.66 %) Belajar mandiri = 16 siswa (55.17%). Dengan hasil yang diperoleh pada siklus I maupun siklus II terbukti bahwa metode jigsaw dapat Memperbaiki pembelajaran, Metode Inovasi, Meningkatkan Aktifitas Siswa Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif Jigsaw, Hasil belajar
id IOS6163.1385
institution STIE Widya Wiwaha
institution_id 2374
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STIE Widya Wiwaha
library_id 1870
collection Repository: STIE Widya Wiwaha
repository_id 6163
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS6163
first_indexed 2020-11-19T06:19:47Z
last_indexed 2020-12-13T12:02:38Z
recordtype dc
_version_ 1685964612599545856
score 17.538404