MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI LEMBAGA KEUANGAN DAN PERDAGANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW SISWA KELAS X IPS -1 DI SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG
Main Author: | Mubarok, Fakhrudin |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed Book Thesis |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STIE Widya Wiwaha
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprint.stieww.ac.id/1385/1/view_usp%3Dsharing http://eprint.stieww.ac.id/1385/ http://stieww.ac.id |
ctrlnum |
1385 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprint.stieww.ac.id/1385/</relation><title>MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI LEMBAGA KEUANGAN DAN PERDAGANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW SISWA KELAS X IPS -1 DI SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG</title><creator>Mubarok, Fakhrudin</creator><subject>Manajemen Pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menguji metode jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar materi lembaga keuangan dan perdagangan siswa kelas X IPS – 1 SMA Muhammadiyah Gombong. Adapun rumusan masalah pada PTK ini adalah Apakah Bagaimanakah dan sejauh manakah pembelajaran JIGSAW dapat meningkatkan aktivitas siswa pada materi lembaga keuangan dan perdagangan pelajaran IPS kelas X IPS-1 di SMA Muhammadiyah Gombong. Penelitian ini menggunakan alat analisis yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif komparatif dengan subjek siswa kelas X IPS – 1 sejumlah 29 siswa. Desain penelitian dengan menggunakan siklus I dan siklus II. Pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan tes tertulis. Hasil analisis data dengan membandingkan kegiatan pra skilus, siklus I dan siklus II diperoleh hasil Siklus I dari 29 siswa, yang mendapatkan Nilai 90-100 = 6 siswa (20.6%) yang mendapatkan Nilai 70-89 = 19 siswa (65.6%) yang mendapatkan Nilai 50-69= 4 siswa (13.8%) sedangkan nilai rata-rata 78.97. Siklus II dari 29 siswa, yang mendapatkan Nilai 90-100 = 13 siswa (44.8%) yang mendapatkan Nilai 70-89 = 16 siswa (55.2%) yang mendapatkan Nilai 50-69= 0 sedangkan nilai rata-rata 86.90 sehingga mengalami kenaikan nilai rata- rata 7.93. Siklus I Aktif belajar = 7 siswa (24.1%). Memahami materi ajar = 14 siswa (48.3%) Belajar mandiri = 18 siswa (27.6%). Siklus II Aktif belajar = 20 siswa (68.97%) Memahami materi ajar = 26 siswa (89.66 %) Belajar mandiri = 16 siswa (55.17%). Dengan hasil yang diperoleh pada siklus I maupun siklus II terbukti bahwa metode jigsaw dapat Memperbaiki pembelajaran, Metode Inovasi, Meningkatkan Aktifitas Siswa
Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif Jigsaw, Hasil belajar</description><publisher>STIE Widya Wiwaha</publisher><date>2020-01-30</date><type>Book:BookSection</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/1385/1/view_usp%3Dsharing</identifier><identifier> Mubarok, Fakhrudin (2020) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI LEMBAGA KEUANGAN DAN PERDAGANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW SISWA KELAS X IPS -1 DI SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG. In: Seminar Nasional dan Call For Paper 2020 : “Paradigma Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era 4.0”. STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta, pp. 309-314. ISBN 978-602-51174-9-7 </identifier><relation>http://stieww.ac.id</relation><recordID>1385</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Book:BookSection Book PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Thesis:Thesis Thesis |
author |
Mubarok, Fakhrudin |
title |
MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI LEMBAGA KEUANGAN DAN PERDAGANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW SISWA KELAS X IPS -1 DI SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG |
publisher |
STIE Widya Wiwaha |
publishDate |
2020 |
isbn |
9786025117497 |
topic |
Manajemen Pendidikan |
url |
http://eprint.stieww.ac.id/1385/1/view_usp%3Dsharing http://eprint.stieww.ac.id/1385/ http://stieww.ac.id |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk menguji metode jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar materi lembaga keuangan dan perdagangan siswa kelas X IPS – 1 SMA Muhammadiyah Gombong. Adapun rumusan masalah pada PTK ini adalah Apakah Bagaimanakah dan sejauh manakah pembelajaran JIGSAW dapat meningkatkan aktivitas siswa pada materi lembaga keuangan dan perdagangan pelajaran IPS kelas X IPS-1 di SMA Muhammadiyah Gombong. Penelitian ini menggunakan alat analisis yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif komparatif dengan subjek siswa kelas X IPS – 1 sejumlah 29 siswa. Desain penelitian dengan menggunakan siklus I dan siklus II. Pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan tes tertulis. Hasil analisis data dengan membandingkan kegiatan pra skilus, siklus I dan siklus II diperoleh hasil Siklus I dari 29 siswa, yang mendapatkan Nilai 90-100 = 6 siswa (20.6%) yang mendapatkan Nilai 70-89 = 19 siswa (65.6%) yang mendapatkan Nilai 50-69= 4 siswa (13.8%) sedangkan nilai rata-rata 78.97. Siklus II dari 29 siswa, yang mendapatkan Nilai 90-100 = 13 siswa (44.8%) yang mendapatkan Nilai 70-89 = 16 siswa (55.2%) yang mendapatkan Nilai 50-69= 0 sedangkan nilai rata-rata 86.90 sehingga mengalami kenaikan nilai rata- rata 7.93. Siklus I Aktif belajar = 7 siswa (24.1%). Memahami materi ajar = 14 siswa (48.3%) Belajar mandiri = 18 siswa (27.6%). Siklus II Aktif belajar = 20 siswa (68.97%) Memahami materi ajar = 26 siswa (89.66 %) Belajar mandiri = 16 siswa (55.17%). Dengan hasil yang diperoleh pada siklus I maupun siklus II terbukti bahwa metode jigsaw dapat Memperbaiki pembelajaran, Metode Inovasi, Meningkatkan Aktifitas Siswa
Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif Jigsaw, Hasil belajar |
id |
IOS6163.1385 |
institution |
STIE Widya Wiwaha |
institution_id |
2374 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan STIE Widya Wiwaha |
library_id |
1870 |
collection |
Repository: STIE Widya Wiwaha |
repository_id |
6163 |
subject_area |
Generalities(Karya Umum) |
city |
KOTA YOGYAKARTA |
province |
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA |
repoId |
IOS6163 |
first_indexed |
2020-11-19T06:19:47Z |
last_indexed |
2020-12-13T12:02:38Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1685964612599545856 |
score |
17.538404 |