PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS HURUF JAWA NGLEGENA MELALUI METODE IQRO’ STUDI KASUS PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 2 JOHO PRAMBANAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Main Authors: Indriani, Yuli, Nugroho, Muhammad Awal Satrio
Format: BookSection PeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: STIE Widya Wiwaha , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/1382/1/view
http://eprint.stieww.ac.id/1382/
http://stieww.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “ Peningkatan Keterampilan Membaca dan Menulis Huruf Jawa Nglegena Melalui Metode Iqro’ Studi Kasus pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Joho Prambanan Klaten Tahun Pelajaran 2016-2017". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan nilai keterampilan membaca dan menulis huruf Jawa nglegena setelah mengikuti pembelajaran dengan metode Iqro’. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refeksi. Pada tindakan untuk meningkatkan nilai keterampilan membaca dan menulis huruf Jawa nglegena dilakukan dengan metode Iqro’. Caranya dengan latihan membaca dan menulis huruf-huruf Jawa nglegena menurut kemiripan bentuk huruf-hurufnya yang dikelompokkan menjadi 9 kelompok huruf yaitu (1) a l (2) n f s (3) c w d (4) r g (5) k t (6) p y (7) j m (8) v b (9) q z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya keterampilan membaca dan menulis huruf Jawa nglegena siswa SD Negeri 2 Joho Tahun Pelajaran 2016 – 2017 setelah mengikuti pembelajaran dengan metode Iqro’ sebagai berikut : Nilai keterampilan membaca pada prasiklus adalah 46,47 dengan nilai tuntas belajar 33 % meningkat menjadi 75,88 dengan nilai tuntas belajar 67 % pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 82,22 dengan nilai tuntas belajar 89 % pada siklus II berhasil melampaui indikator keberhasilan nilai rata-rata 62 dan nilai tuntas belajar 75 %. Nilai rata-rata pada keterampilan menulis pada prasiklus adalah 52,22 dengan nilai tuntas belajar 22 %, meningkat menjadi 70,00 dengan nilai tuntas belajar 67 %, pada siklus I, meningkat lagi menjadi 73,33 dengan nilai tuntas belajar 77 % melampaui indikator keberhasilan nilai rata-rata 62 dengan nilai tuntas belajar 75 %. Kata kunci : membaca, menulis, huruf Jawa, Iqro’.