PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TRANSPORTASI OJEK ONLINE GRAB DI WILAYAH UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA
Main Authors: | Wulandari, Diana Ristia, Wahyuningtyas, Yunita Fitri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprint.stieww.ac.id/1342/1/view_usp%3Dsharing http://eprint.stieww.ac.id/1342/2/view_usp%3Dsharing http://eprint.stieww.ac.id/1342/ http://stieww.ac.id |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan promosi terhadap kepuasan konsumen transportasi ojek online Grab di Wilayah Umbulharjo Kota Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan transportasi ojek online Grab di Wilayah Umbulharjo kota Yogyakarta yang pernah menggunakan jasa transportasi ojek online Grab. Peneliti menggunakan 100 responden sebagai sampel dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis uji t diketahui bahwa kualitas pelayanan (X1) mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan didukung nilai t hitung (9.648) lebih besar dari t tabel 1.661 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka secara parsial kualitas pelayanan (X1) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y). Harga (X2) mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan didukung nilai t hitung (4.766) lebih besar dari t tabel 1.661 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka secara parsial harga (X2) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y). Promosi (X3) mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan konnsumen (Y) dengan didukung nilai t hitung (1.907) lebih besar dari t tabel 1.661 dengan nilai signifikan 0,060 > 0,05 maka secara parsial promosi (X3) tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y). Analisis uji F diperoleh dari hasil nilai probabilitas standar signifikan dengan nilai pengolahan diperoleh nilai Sig 0,000 < 0,05 (5%) maka dapat disimpulkan bahwa, variabel kualitas pelayanan (X1), harga (X2) dan promosi (X3) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Hasil koefisien determinasi menunjukkan besar pengaruh variabel independent terhadap dependen sebesar 0,804 atau 80,4% dan 19,6% di pengaruhi variabel lain diluar variabel ini. Kata kunci: Kualitas pelayanan, harga, promosi, dan kepuasan konsumen.