PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI TK PGRI TEMANGGUNG SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Main Authors: Hariyanto, Hariyanto, Putro, Khamim Zarkasih, Sulastiningsih, Sulastiningsih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/1325/1/182104080%20HARIYANTO%201-3.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/1325/2/182104080%20HARIYANTO%204-5.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/1325/
http://stieww.ac.id
ctrlnum 1325
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprint.stieww.ac.id/1325/</relation><title>PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI TK PGRI TEMANGGUNG SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2020/2021</title><creator>Hariyanto, Hariyanto</creator><creator>Putro, Khamim Zarkasih</creator><creator>Sulastiningsih, Sulastiningsih</creator><subject>Manajemen Sumber Daya Manusia</subject><description>Kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran karena Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian berguna sebagai acuan dalam mengelola kegiatan pembelajaran. Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian. Di TK PGRI Temanggung bimbingan berkelanjutan dari Kepala Sekolah kepada guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian belum dilaksanakan secara optimal. Dampaknya kompetensi guru belum optimal dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian. Rata-rata persentasi kompetensi guru 45,3% (cukup baik).&#xD; Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan belum optimalnya kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dan untuk merumuskan upaya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian di TK PGRI Temanggung.&#xD; Pelaksanaan penelitian pada bulan Juli 2020 dan bulan Agustus 2020. Subyek penelitian ini adalah guru TK PGRI Temanggung berjumlah tiga orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan diskusi. Validasi data menggunakan triangulasi sumber, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru TK PGRI Temanggung meningkat dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dari sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan Siklus I dan Siklus II melalui bimbingan berkelanjutan. Peningkatan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dapat dibuktikan dari persentasi hasil observasi pra siklus sampai Siklus II. Rata-rata kompetensi guru kondisi pra siklus 45,3% (cukup baik), Siklus I rata-rata kompetensi guru 68,87% (baik), dan Siklus II rata-rata kompetensi guru 84% (sangat baik). Jadi kompetensi guru telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu minimal 78%.&#xD; Kata kunci : kompetensi guru, rencana pelaksanaan pembelajaran harian, bimbingan berkelanjutan</description><date>2020-10-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/1325/1/182104080%20HARIYANTO%201-3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/1325/2/182104080%20HARIYANTO%204-5.pdf</identifier><identifier> Hariyanto, Hariyanto and Putro, Khamim Zarkasih and Sulastiningsih, Sulastiningsih (2020) PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI TK PGRI TEMANGGUNG SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha. </identifier><relation>http://stieww.ac.id</relation><recordID>1325</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hariyanto, Hariyanto
Putro, Khamim Zarkasih
Sulastiningsih, Sulastiningsih
title PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI TK PGRI TEMANGGUNG SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2020/2021
publishDate 2020
topic Manajemen Sumber Daya Manusia
url http://eprint.stieww.ac.id/1325/1/182104080%20HARIYANTO%201-3.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/1325/2/182104080%20HARIYANTO%204-5.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/1325/
http://stieww.ac.id
contents Kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran karena Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian berguna sebagai acuan dalam mengelola kegiatan pembelajaran. Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian. Di TK PGRI Temanggung bimbingan berkelanjutan dari Kepala Sekolah kepada guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian belum dilaksanakan secara optimal. Dampaknya kompetensi guru belum optimal dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian. Rata-rata persentasi kompetensi guru 45,3% (cukup baik). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan belum optimalnya kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dan untuk merumuskan upaya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian di TK PGRI Temanggung. Pelaksanaan penelitian pada bulan Juli 2020 dan bulan Agustus 2020. Subyek penelitian ini adalah guru TK PGRI Temanggung berjumlah tiga orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan diskusi. Validasi data menggunakan triangulasi sumber, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru TK PGRI Temanggung meningkat dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dari sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan Siklus I dan Siklus II melalui bimbingan berkelanjutan. Peningkatan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dapat dibuktikan dari persentasi hasil observasi pra siklus sampai Siklus II. Rata-rata kompetensi guru kondisi pra siklus 45,3% (cukup baik), Siklus I rata-rata kompetensi guru 68,87% (baik), dan Siklus II rata-rata kompetensi guru 84% (sangat baik). Jadi kompetensi guru telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu minimal 78%. Kata kunci : kompetensi guru, rencana pelaksanaan pembelajaran harian, bimbingan berkelanjutan
id IOS6163.1325
institution STIE Widya Wiwaha
institution_id 2374
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STIE Widya Wiwaha
library_id 1870
collection Repository: STIE Widya Wiwaha
repository_id 6163
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS6163
first_indexed 2020-11-19T06:19:46Z
last_indexed 2020-11-19T06:19:46Z
recordtype dc
_version_ 1685964612175921152
score 17.538404