ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENNGARUHI PERILAKU PEMBELIAN ONLINE PADA MAHASISWA STIE WIDYA WIWAHA

Main Authors: Agustina, Nadia, Asteria, Beta
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/1276/1/view_usp%3Dsharing
http://eprint.stieww.ac.id/1276/2/view_usp%3Dsharing
http://eprint.stieww.ac.id/1276/
http://stieww.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengujian signifikan variabel persepsi manfaat, persepsi risiko, faktor psikologis, kemudahan, dan kualitas informasi Perilaku Pembelian Online Pada Mahasiswa STIE Widya Wiwaha. Dalam hal ini penulis memilih metode purposive sampling, yakni metode pengambilan sampel anggota populasi yang dilakukan dengan pertimbangan tertentu. Dalam hal ini peneliti mengunakan sampel sebanyak 100 sampel dari 130 populasi. Untuk Variable yang tidak memiliki pengaruh terhadap pembelian oline dalam hal ini adalah variable Persepsi Manfaat (X1), dan Pengaruh Faktor Psikologi (X3) karena nilai signifikan kurang dari < 0.05 terhadap Perilaku Pembelian Online. Untuk variable yang berpengaruh dalam penelitian ini yaitu, Persepsi Risiko (X2), variable Kemudahan (X4), dan variabel Kualitas Informasi (X5) karena memiliki nilainya lebih dari > 0.05.Penelitian dapat menyimpulankan dari hasil uji regersi linear berganganda pada variabel didapatkan 3 variabel yang memiliki nilai signifikan lebih dari >0.05. Sedangkan 2 variabel dalam penelitain ini yang tidak signifikan karena nilainya ,<0.05. Sedangkan variabel terikat (Y) dapat terpengaruh oleh variabel bebas secara determition koefesien secara bersama oleh Variabel persepsi manfaat (X1), persepsi risiko (X2), faktor psikologis (X3), kemudahan (X4), dan kualitas informasi(X5) yang mampu mempengaruhi perilaku pembelian online. Hal ini berarti bahwa hanya sekitar 38,4% perilaku pembelian online secara langsung dijelaskan oleh persepsi manfaat, persepsi risiko, faktor psikologis, kemudahan, dan kualitas informasi. Dari jumlah tersebut terdapat sisa sebesar 61,6% (100%-38,4%) dipengaruhi oleh faktor lainnya di luar model. Adapun yang dimaksud dengan faktor lainnya tersebut merupakan variabel-variabel yang tidak ikut diestimasi atau tidak diperhitungkan dalam penelitian ini. Kata kunci : Perilaku pembelian online, persepsi manfaat, persepsi resiko, faktor psikologis,kemudahan dan kualitas informasi.