UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI FIQIH MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 3 TEGALOMBO PACITAN

Main Authors: Hasbianti, Ririn, Putro, Khamim Zarkasih, Sulastiningsih, Sulastiningsih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/1077/1/172603770%20RIRIN%20HASBIANTI%201-3.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/1077/2/172603770%20RIRIN%20HASBIANTI%204-5.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/1077/
http://stieww.ac.id
ctrlnum 1077
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprint.stieww.ac.id/1077/</relation><title>UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI FIQIH MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 3 TEGALOMBO PACITAN</title><creator>Hasbianti, Ririn</creator><creator>Putro, Khamim Zarkasih</creator><creator>Sulastiningsih, Sulastiningsih</creator><subject>Manajemen Pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar materi Fiqih siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Tegalombo Pacitan. &#xD; Sebagai sumber data, subyek penelitian yang dipilih adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Tegalombo Pacitan pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 24 siswa. Kelas VII B dipilih sebagai subyek penelitian karena kemampuan siswanya yang heterogen. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan perhitungan pengusaan konsep siswa terhadap materi yang dipelajari.&#xD; Hasil penelitian diperoleh bahwa bahwa penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih aspek taharah materi tayamum dan wudhu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Siswa lebih mudah memahami materi dengan praktik secara langsung. Sebelum menggunakan metode demonstrasi rata-rata prestasi belajar aspek pengetahuan 52 dan ketrampilan 56. Ketuntasan belajar hanya 8,33%. Pada siklus I aspek pengetahuan 61, ketrampilan 62, ketuntasan belajar 25% dan pada siklus II meningkat menjadi pengetahuan 80 dan ketrampilan 82 dengan ketuntasan belajar mencapai 91,67 %. &#xD; Kata Kunci: Prestasi Belajar, Materi Fiqih, Demonstrasi</description><date>2019-09-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/1077/1/172603770%20RIRIN%20HASBIANTI%201-3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/1077/2/172603770%20RIRIN%20HASBIANTI%204-5.pdf</identifier><identifier> Hasbianti, Ririn and Putro, Khamim Zarkasih and Sulastiningsih, Sulastiningsih (2019) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI FIQIH MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 3 TEGALOMBO PACITAN. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha. </identifier><relation>http://stieww.ac.id</relation><recordID>1077</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hasbianti, Ririn
Putro, Khamim Zarkasih
Sulastiningsih, Sulastiningsih
title UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI FIQIH MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 3 TEGALOMBO PACITAN
publishDate 2019
topic Manajemen Pendidikan
url http://eprint.stieww.ac.id/1077/1/172603770%20RIRIN%20HASBIANTI%201-3.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/1077/2/172603770%20RIRIN%20HASBIANTI%204-5.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/1077/
http://stieww.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar materi Fiqih siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Tegalombo Pacitan. Sebagai sumber data, subyek penelitian yang dipilih adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Tegalombo Pacitan pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 24 siswa. Kelas VII B dipilih sebagai subyek penelitian karena kemampuan siswanya yang heterogen. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan perhitungan pengusaan konsep siswa terhadap materi yang dipelajari. Hasil penelitian diperoleh bahwa bahwa penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih aspek taharah materi tayamum dan wudhu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Siswa lebih mudah memahami materi dengan praktik secara langsung. Sebelum menggunakan metode demonstrasi rata-rata prestasi belajar aspek pengetahuan 52 dan ketrampilan 56. Ketuntasan belajar hanya 8,33%. Pada siklus I aspek pengetahuan 61, ketrampilan 62, ketuntasan belajar 25% dan pada siklus II meningkat menjadi pengetahuan 80 dan ketrampilan 82 dengan ketuntasan belajar mencapai 91,67 %. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Materi Fiqih, Demonstrasi
id IOS6163.1077
institution STIE Widya Wiwaha
institution_id 2374
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STIE Widya Wiwaha
library_id 1870
collection Repository: STIE Widya Wiwaha
repository_id 6163
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS6163
first_indexed 2019-12-16T11:44:51Z
last_indexed 2020-05-07T04:59:06Z
recordtype dc
_version_ 1685964610863104000
score 17.538404