PENINGKATAN KINERJA KEPALA SEKOLAH MELALUI SUPERVISI MANAJERIAL DENGAN PENDEKATAN DIREKTIF DI GUGUS KRATON YOGYAKARTA TAHUN 2019

Main Authors: Khuzaimah, Khuzaimah, Purwanto, Wahyu, Sulastiningsih, Sulastiningsih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/1053/1/172103696%20KHUZAIMAH%201-3.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/1053/2/172103696%20KHUZAIMAH%204-5.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/1053/
http://stieww.ac.id
ctrlnum 1053
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprint.stieww.ac.id/1053/</relation><title>PENINGKATAN KINERJA KEPALA SEKOLAH MELALUI SUPERVISI MANAJERIAL DENGAN PENDEKATAN DIREKTIF DI GUGUS KRATON YOGYAKARTA TAHUN 2019</title><creator>Khuzaimah, Khuzaimah</creator><creator>Purwanto, Wahyu</creator><creator>Sulastiningsih, Sulastiningsih</creator><subject>Manajemen Pendidikan</subject><description>Penelitian ini berjudul: Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah melalui Supervisi Manajerial dengan Pendekatan Direktif Di Gugus Kraton Kota Yogyakarta Tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, sebab jenis penelitian ini ingin memperoleh data yang mendalam dari data yang direkam melalui Pendekatan direktif. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah di Gugus Kraton Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview (wawancara), angket tertutup dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja kepala Sekolah di Gugus Kraton Yogyakarta, dan bagaimana keterlibatan guru dan karyawan dalam tim kerja.&#xD; Didasari oleh keadaan data awal hasil Penilaian Kinerja Kepala Sekolah di Gugus Kraton Kota Yogyakarta yang dilakukan pada periode Januari sampai Desember 2018, menghasilkan nilai terrendah 76,57, nilai tertinggi 82,06, dan rata-rata nilai kinerja 80,20 dengan kriteria sebutan baik batas bawah, belum sesuai yang diharapkan peneliti karena belum ada yang mendapatkan nilai Amat Baik atau di atas 91,0. Hal ini disebabkan karena masih kurang lengkapnya bukti fisik yang harus disajikan. Kurang lengkapnya dokumen bukti fisik tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman terhadap kelengkapan instrument setiap komponen. Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan nilai kinerja kepala sekolah di Gugus Kraton Kota Yogyakarta;&#xD; Berdasarkan hasil pelaksanaan kinerja pada semua sekolah dasar di Gugus Kraton Kota Yogyakarta pada Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 5 orang kepala sekolah, 30 orang guru kelas, 10 orang guru mata pelajaran, dan 5 orang karyawan sekolah. ternyata terjadi peningkatan kinerja kepala sekolah yang signifikan. Peningkatan rata-rata nilai kinerja yaitu dari 80,20 pada kondisi awal, kondisi rata-rata hasil siklus I meningkat menjadi 83,39, setelah dilakukan kegiatan pada siklus II meningkat menjadi 89,01 atau kriteria baik batas atas, Ada kenaikan poin nilai 8,81, sebagai bukti adanya indikator keberhasilan kinerja kepala sekolah yang diharapkan di Gugus Kraton Kota Yogyakarta.&#xD; Kata kunci: kinerja kepala sekolah, supervisi manajerial, pendekatan direktif.</description><date>2019-09-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/1053/1/172103696%20KHUZAIMAH%201-3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/1053/2/172103696%20KHUZAIMAH%204-5.pdf</identifier><identifier> Khuzaimah, Khuzaimah and Purwanto, Wahyu and Sulastiningsih, Sulastiningsih (2019) PENINGKATAN KINERJA KEPALA SEKOLAH MELALUI SUPERVISI MANAJERIAL DENGAN PENDEKATAN DIREKTIF DI GUGUS KRATON YOGYAKARTA TAHUN 2019. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha. </identifier><relation>http://stieww.ac.id</relation><recordID>1053</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Khuzaimah, Khuzaimah
Purwanto, Wahyu
Sulastiningsih, Sulastiningsih
title PENINGKATAN KINERJA KEPALA SEKOLAH MELALUI SUPERVISI MANAJERIAL DENGAN PENDEKATAN DIREKTIF DI GUGUS KRATON YOGYAKARTA TAHUN 2019
publishDate 2019
topic Manajemen Pendidikan
url http://eprint.stieww.ac.id/1053/1/172103696%20KHUZAIMAH%201-3.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/1053/2/172103696%20KHUZAIMAH%204-5.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/1053/
http://stieww.ac.id
contents Penelitian ini berjudul: Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah melalui Supervisi Manajerial dengan Pendekatan Direktif Di Gugus Kraton Kota Yogyakarta Tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, sebab jenis penelitian ini ingin memperoleh data yang mendalam dari data yang direkam melalui Pendekatan direktif. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah di Gugus Kraton Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview (wawancara), angket tertutup dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja kepala Sekolah di Gugus Kraton Yogyakarta, dan bagaimana keterlibatan guru dan karyawan dalam tim kerja. Didasari oleh keadaan data awal hasil Penilaian Kinerja Kepala Sekolah di Gugus Kraton Kota Yogyakarta yang dilakukan pada periode Januari sampai Desember 2018, menghasilkan nilai terrendah 76,57, nilai tertinggi 82,06, dan rata-rata nilai kinerja 80,20 dengan kriteria sebutan baik batas bawah, belum sesuai yang diharapkan peneliti karena belum ada yang mendapatkan nilai Amat Baik atau di atas 91,0. Hal ini disebabkan karena masih kurang lengkapnya bukti fisik yang harus disajikan. Kurang lengkapnya dokumen bukti fisik tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman terhadap kelengkapan instrument setiap komponen. Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan nilai kinerja kepala sekolah di Gugus Kraton Kota Yogyakarta; Berdasarkan hasil pelaksanaan kinerja pada semua sekolah dasar di Gugus Kraton Kota Yogyakarta pada Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 5 orang kepala sekolah, 30 orang guru kelas, 10 orang guru mata pelajaran, dan 5 orang karyawan sekolah. ternyata terjadi peningkatan kinerja kepala sekolah yang signifikan. Peningkatan rata-rata nilai kinerja yaitu dari 80,20 pada kondisi awal, kondisi rata-rata hasil siklus I meningkat menjadi 83,39, setelah dilakukan kegiatan pada siklus II meningkat menjadi 89,01 atau kriteria baik batas atas, Ada kenaikan poin nilai 8,81, sebagai bukti adanya indikator keberhasilan kinerja kepala sekolah yang diharapkan di Gugus Kraton Kota Yogyakarta. Kata kunci: kinerja kepala sekolah, supervisi manajerial, pendekatan direktif.
id IOS6163.1053
institution STIE Widya Wiwaha
institution_id 2374
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STIE Widya Wiwaha
library_id 1870
collection Repository: STIE Widya Wiwaha
repository_id 6163
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS6163
first_indexed 2019-11-26T06:29:09Z
last_indexed 2020-05-07T04:59:06Z
recordtype dc
_version_ 1685964610766635008
score 17.538404