ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM AISYIYAH PURWOREJO

Main Authors: Widiastuti, Idha, Purwanto, Wahyu, Sulastiningsih, Sulastiningsih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/1046/1/171103461%20IDHA%20WIDIASTUTI%201-3.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/1046/2/171103461%20IDHA%20WIDIASTUTI%204-5.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/1046/
http://stieww.ac.id
ctrlnum 1046
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprint.stieww.ac.id/1046/</relation><title>ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM AISYIYAH PURWOREJO</title><creator>Widiastuti, Idha</creator><creator>Purwanto, Wahyu</creator><creator>Sulastiningsih, Sulastiningsih</creator><subject>Manajemen Rumah Sakit</subject><description>Rumah sakit merupakan salah satu industri jasa yaitu jasa kesehatan. Sebagai suatu industri jasa maka rumah sakit tentunya juga harus menjalankan fungsi-fungsi bisnis dalam manajerialnya, salah satunya adalah bagaimana menghasilkan suatu produk jasa yang bermutu atau berkualitas. (Yoga,2007:46). Untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan, terlebih dahulu harus diketahui apakah pelayanan yang telah diberikan kepada pasien selama ini telah sesuai dengan harapan pasien atau belum. Hal ini penting dilakukan sebagai acuan dalam pembenahan pelayanan agar dapat memberikan kepuasan optimal, sehingga rumah sakit dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan dan kepuasan pasien dengan meningkatkan kualitas pelayanan agar kepuasan pasiennya meningkat. &#xD; Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan pasien rawat jalan terhadap mutu pelayanan di Rumah Sakit Umum Aisyiyah Purworejo dan mengidentifikasi atribut mana yang menjadi prioritas untuk dilakukan peningkatan pelayanan. Metode penelitian ini deskriptif kualitatif menggunakan model Servqual. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang. &#xD; Berdasarkan analisis Servqual, hasilnya menunjukan bahwa kepuasan pasien rawat jalan RSU &#x2018;AISYIYAH Purworejo tahun 2018, diketahui rata-rata nilai Q dibawah 1 dengan nilai 0,84 kemudian untuk keandalan (reliability) dengan nilai 0,83, untuk cepat tanggap (responsiveness) dengan nilai 0,86, untuk jaminan (assurance) dengan nilai 0,87, untuk empati (empathy) dengan nilai 0,84, untuk bukti nyata (tangibles) dengan nilai 0,82, sehingga hal ini berarti masih perlu dilakukan upaya peningkatan kualitas pelayanan rawat jalan di RSU Aisyiyah Purworejo. Hasil analisis gap dengan Diagram Kartesius, ditemukan 7 faktor yang menjadi prioritas utama peningkatan mutu pelayanan dan 4 faktor yang harus dipertahankan oleh RSU &#x2018;AISYIYAH Purworejo.&#xD; Kata Kunci : Kualitas pelayanan, Kepuasan pasien, Servqual, Diagram Kartesius</description><date>2019-03-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/1046/1/171103461%20IDHA%20WIDIASTUTI%201-3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/1046/2/171103461%20IDHA%20WIDIASTUTI%204-5.pdf</identifier><identifier> Widiastuti, Idha and Purwanto, Wahyu and Sulastiningsih, Sulastiningsih (2019) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM AISYIYAH PURWOREJO. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha. </identifier><relation>http://stieww.ac.id</relation><recordID>1046</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Widiastuti, Idha
Purwanto, Wahyu
Sulastiningsih, Sulastiningsih
title ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM AISYIYAH PURWOREJO
publishDate 2019
topic Manajemen Rumah Sakit
url http://eprint.stieww.ac.id/1046/1/171103461%20IDHA%20WIDIASTUTI%201-3.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/1046/2/171103461%20IDHA%20WIDIASTUTI%204-5.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/1046/
http://stieww.ac.id
contents Rumah sakit merupakan salah satu industri jasa yaitu jasa kesehatan. Sebagai suatu industri jasa maka rumah sakit tentunya juga harus menjalankan fungsi-fungsi bisnis dalam manajerialnya, salah satunya adalah bagaimana menghasilkan suatu produk jasa yang bermutu atau berkualitas. (Yoga,2007:46). Untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan, terlebih dahulu harus diketahui apakah pelayanan yang telah diberikan kepada pasien selama ini telah sesuai dengan harapan pasien atau belum. Hal ini penting dilakukan sebagai acuan dalam pembenahan pelayanan agar dapat memberikan kepuasan optimal, sehingga rumah sakit dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan dan kepuasan pasien dengan meningkatkan kualitas pelayanan agar kepuasan pasiennya meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan pasien rawat jalan terhadap mutu pelayanan di Rumah Sakit Umum Aisyiyah Purworejo dan mengidentifikasi atribut mana yang menjadi prioritas untuk dilakukan peningkatan pelayanan. Metode penelitian ini deskriptif kualitatif menggunakan model Servqual. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang. Berdasarkan analisis Servqual, hasilnya menunjukan bahwa kepuasan pasien rawat jalan RSU ‘AISYIYAH Purworejo tahun 2018, diketahui rata-rata nilai Q dibawah 1 dengan nilai 0,84 kemudian untuk keandalan (reliability) dengan nilai 0,83, untuk cepat tanggap (responsiveness) dengan nilai 0,86, untuk jaminan (assurance) dengan nilai 0,87, untuk empati (empathy) dengan nilai 0,84, untuk bukti nyata (tangibles) dengan nilai 0,82, sehingga hal ini berarti masih perlu dilakukan upaya peningkatan kualitas pelayanan rawat jalan di RSU Aisyiyah Purworejo. Hasil analisis gap dengan Diagram Kartesius, ditemukan 7 faktor yang menjadi prioritas utama peningkatan mutu pelayanan dan 4 faktor yang harus dipertahankan oleh RSU ‘AISYIYAH Purworejo. Kata Kunci : Kualitas pelayanan, Kepuasan pasien, Servqual, Diagram Kartesius
id IOS6163.1046
institution STIE Widya Wiwaha
institution_id 2374
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STIE Widya Wiwaha
library_id 1870
collection Repository: STIE Widya Wiwaha
repository_id 6163
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS6163
first_indexed 2019-11-26T06:29:09Z
last_indexed 2020-05-07T04:59:06Z
recordtype dc
_version_ 1685964610756149248
score 17.538404