EVALUASI KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BULUSPESANTREN I KABUPATEN KEBUMEN

Main Authors: Prakosa, Endra Tri, Purwadi, Didik, Zulkifli, Zulkifli
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprint.stieww.ac.id/1012/1/172903821%20ENDRA%20TRI%20PRAKOSA%201-3.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/1012/2/172903821%20ENDRA%20TRI%20PRAKOSA%204-5.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/1012/
http://stieww.ac.id
ctrlnum 1012
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprint.stieww.ac.id/1012/</relation><title>EVALUASI KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BULUSPESANTREN I KABUPATEN KEBUMEN</title><creator>Prakosa, Endra Tri</creator><creator>Purwadi, Didik</creator><creator>Zulkifli, Zulkifli</creator><subject>Manajemen Rumah Sakit</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan pelayanan kesehatan di Puskesmas Buluspesantren I Kabupaten Kebumen agar optimal.&#xD; Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Fokus penelitian ini adalah analisis kelayakan kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas (kompetensi teknis, dimensi keamanan, dimensi kenyamanan, dimensi informasi dan dimensi ketepatan waktu. Sumber data pada penelitian ini adalah informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan editing dan interpretasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclution drawing). Teknik keabsahan data. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan dalam pemeriksaan keabsahan data adalah triangulasi.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa Puskesmas Buluspesantren I telah memberikan pelayanan kesehatan yang layak dan sesuai dengan harapan pasien BPJS maupun umum. Kualitas pelayanan yang diberikan Puskesmas Buluspesantren I dapat dilihat dari beberapa hal yang menunjukkan kepuasan pasien BPJS maupun umum yaitu Dimensi Kompetensi Teknis (Technical Competence), Dimensi Keamanan (Safety), Dimensi Kenyamanan (Amenities), Dimensi Informasi, dan Dimensi Ketepatan Waktu. Pemerintah Kabupaten Kebumen untuk terus meningkatkan pelaksanaan Layanan kesehatan kepada masyarakat dan masyarakat pengguna Layanan kesehatan untuk berani untuk mempertanyakan kinerja pegawai secara langsung apabila dirasakan tidak sesuai dengan harapan masyarakat&#xD; Kata Kunci: Kualitas pelayanan, Puskesmas Bulus Pesantren</description><date>2019-09-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/1012/1/172903821%20ENDRA%20TRI%20PRAKOSA%201-3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprint.stieww.ac.id/1012/2/172903821%20ENDRA%20TRI%20PRAKOSA%204-5.pdf</identifier><identifier> Prakosa, Endra Tri and Purwadi, Didik and Zulkifli, Zulkifli (2019) EVALUASI KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BULUSPESANTREN I KABUPATEN KEBUMEN. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha. </identifier><relation>http://stieww.ac.id</relation><recordID>1012</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Prakosa, Endra Tri
Purwadi, Didik
Zulkifli, Zulkifli
title EVALUASI KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BULUSPESANTREN I KABUPATEN KEBUMEN
publishDate 2019
topic Manajemen Rumah Sakit
url http://eprint.stieww.ac.id/1012/1/172903821%20ENDRA%20TRI%20PRAKOSA%201-3.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/1012/2/172903821%20ENDRA%20TRI%20PRAKOSA%204-5.pdf
http://eprint.stieww.ac.id/1012/
http://stieww.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan pelayanan kesehatan di Puskesmas Buluspesantren I Kabupaten Kebumen agar optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Fokus penelitian ini adalah analisis kelayakan kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas (kompetensi teknis, dimensi keamanan, dimensi kenyamanan, dimensi informasi dan dimensi ketepatan waktu. Sumber data pada penelitian ini adalah informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan editing dan interpretasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclution drawing). Teknik keabsahan data. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan dalam pemeriksaan keabsahan data adalah triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa Puskesmas Buluspesantren I telah memberikan pelayanan kesehatan yang layak dan sesuai dengan harapan pasien BPJS maupun umum. Kualitas pelayanan yang diberikan Puskesmas Buluspesantren I dapat dilihat dari beberapa hal yang menunjukkan kepuasan pasien BPJS maupun umum yaitu Dimensi Kompetensi Teknis (Technical Competence), Dimensi Keamanan (Safety), Dimensi Kenyamanan (Amenities), Dimensi Informasi, dan Dimensi Ketepatan Waktu. Pemerintah Kabupaten Kebumen untuk terus meningkatkan pelaksanaan Layanan kesehatan kepada masyarakat dan masyarakat pengguna Layanan kesehatan untuk berani untuk mempertanyakan kinerja pegawai secara langsung apabila dirasakan tidak sesuai dengan harapan masyarakat Kata Kunci: Kualitas pelayanan, Puskesmas Bulus Pesantren
id IOS6163.1012
institution STIE Widya Wiwaha
institution_id 2374
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STIE Widya Wiwaha
library_id 1870
collection Repository: STIE Widya Wiwaha
repository_id 6163
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS6163
first_indexed 2019-11-06T06:09:59Z
last_indexed 2019-11-26T06:29:08Z
recordtype dc
_version_ 1685964610596765696
score 17.538404