MENINGKATKAN NIAT BERKUNJUNG PADA GENERASI MUDA MELALUI CITRA DESTINASI DAN DAYA TARIK KAMPUNG WISATA

Main Authors: Cahyanti, Mega Mirasa, Anjaningrum, Widiya Dewi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM STIE ASIA , 2018
Online Access: https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jibeka/article/view/58
https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jibeka/article/view/58/42
Daftar Isi:
  • This study aims to determine the effects of destination image and tourism attractiveness variables on intention of young generation to visit a rural tourism destination such as “Kampung Wisata Tridi”. This research is a kind of causal research, where the primary quantitative data through questionnaire was taken directly from a tourists in tourism destination and also them who included as young generation. To fulfill the criteria of sample that needed on this research, the sampling technique was used is purposive sampling, by the consideration that sampling choosen is vary between 17-33 years old, and willing to fill the questionnaire. Based on the target that researcher have, a predetermine number of samples that taken was 50 respondents. Based on the result taken by data processing using SPSS 23, shows that the variable which effect significantly the intention to visit a tourism destination are destination image and tourism attractiveness. In other hand, variable which effect most significantly was tourism attractiveness compare with destination image.
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel citra destinasi dan daya tarik wisatawan terhadap niat wisatawan pada generasi muda untuk mengunjungi jenis destinasi yaitu Kampung Wisata Tridi. Penelitian ini merupakan penelitian kausal, dimana data primer kuantitatif diolah melalui instrumen berupa kuesioner yang diambil langsung dari para wisatawan di destinasi wisata dan termasuk pada golongan generasi muda. Untuk dapat memenuhi kriteria dari sampel yang dibutuhkan dalam penelitian ini, tekhnik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan pertimbangan bahwa sampel yang dipilih memiliki usia yang termasuk pada rentang 17-33 tahun, dan bersedia mengisi kuesioner. Dari terget yang telah ditentukan, terkumpul sampel sebanyak 50 responden. Adapun hasil olah data dan analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS 23 menunjukan bahwa kedua variabel bebas dalam penelitian ini, yaitu citra destinasi dan daya tarik wisata memiliki pengaruh yang signifikan untuk menciptakan niat generasi muda mengunjungi kampung wisata Tridi. Namun, apabila membandingkan nilai koefisien regresi dan nilai signifikansi antara variabel citra destinasi dan daya tarik wisata, didapatkan variabel daya tarik wisata memiliki pengaruh signifikan yang lebih kuat dibandingkan dengan citra destinasi.