UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SEKOLAH DASAR DABIN I UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN BAYAT KABUPATEN KLATEN TAHUN 2015

Main Author: ., Suripto
Other Authors: UNWIDHA KLATEN
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MAGISTRA , 2018
Online Access: http://journal.unwidha.ac.id/index.php/MAGISTRA/article/view/901
http://journal.unwidha.ac.id/index.php/MAGISTRA/article/view/901/54
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran di SekolahDasar Dabin 1 UPTD Pendidikan Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten saat ini dan untuk mengetahui upayapeningkatan kinerja guru dalam pembelajaran melalui supervisi akademik berkelanjutan di dabin 1 UPTDPendidikan Kecamatan Bayat Kabupaten KlatenDengan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS ). Hasil supervisi akademik menunjukkaan ada peningkatan kinerja guru dari prasiklus nilai rata-rata 70,78diperbaiki siklus I menjadi 76,88 disempurnakan lagi pada siklus II dari 35 orang guru sudah mencapai peningkatankinerja yang baik yaitu mencapai 85,17. Sudah mencapai peningkatan kerja yang baik dalam pelaksanaan PBMmasih ditambah dengan langkah-langkah yaitu KKG ( Kelompok Kerja Guru ), Peningkatan kualifikasi Pendidikan,mengikuti seminar, workshop, dan pelatihan.Kata kunci : upaya, kinerja guru, supervisi akademik.