UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SUMBERJO KECAMATAN KLATEN SELATAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Author: | Karningsih, Tri |
---|---|
Other Authors: | UNWIDHA KLATEN |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MAGISTRA
, 2018
|
Online Access: |
http://journal.unwidha.ac.id/index.php/MAGISTRA/article/view/893 http://journal.unwidha.ac.id/index.php/MAGISTRA/article/view/893/46 |
Daftar Isi:
- Rendahnya aktivitas pada siswa saat pembelajaran berlangsung dipengaruhi pada saatpenyampaian materi yang monoton hal ini dapat berpengaruh pada aktivitas siswa yang tidak optimal, maka dariitu perlu dilakukan inovasi pembelajaran.Pada penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reserch), setiapsiklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi aktivitas dan refleksi. Teknik pengumpulan databerupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalahtriangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dananalisis data kualitatif.Hasil penelitian menunjukan penerapan model Snowball Throwing yang dipadukan dengan Mind Map,dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS. Sebelum tindakan hasil observasi aktivitas mencapai55% dan hasil angket aktivitas mencapai 57,25%. Pada siklus I menunjukan hasil observasi aktivitas setelahtindakan mencapai 61,75% dan hasil lembar angket aktivitas setelah tindakan mencapai 68,60%. Pada siklus IImenunjukan hasil observasi aktivitas siswa setelah tindakan mencapai 77,50% dan hasil lembar angket aktivitassetelah tindakan mencapai 81,60%.Kata kunci: Aktivitas, Model Snowball Throwing