UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SEKOLAH DASAR DABIN I UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN BAYAT KABUPATEN KLATEN TAHUN 2015

Main Author: ., Suripto
Other Authors: unwidha
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MAGISTRA , 2016
Online Access: http://journal.unwidha.ac.id/index.php/magistra/article/view/756
http://journal.unwidha.ac.id/index.php/magistra/article/view/756/605
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Dabin 1 UPTD Pendidikan Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten saat ini dan untuk mengetahui upaya peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran melalui supervisi akademik berkelanjutan di dabin 1 UPTD Pendidikan Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten Dengan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian adalah Penelitian Tindakan Sekolah ( PTS ). Hasil supervisi akademik menunjukkaan ada peningkatan kinerja guru dari prasiklus nilai rata-rata 70,78 diperbaiki siklus I menjadi 76,88 disempurnakan lagi pada siklus II dari 35 orang guru sudah mencapai peningkatan kinerja yang baik yaitu mencapai 85,17. Sudah mencapai peningkatan kerja yang baik dalam pelaksanaan PBM masih ditambah dengan langkah-langkah yaitu KKG ( Kelompok Kerja Guru ), Peningkatan kualifikasi Pendidikan, mengikuti seminar, workshop, dan pelatihan. Kata kunci : upaya, kinerja guru, supervisi akademik.