UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SUMBERJO KECAMATAN KLATEN SELATAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Author: | Karningsih, Tri |
---|---|
Other Authors: | Unwidha |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MAGISTRA
, 2016
|
Online Access: |
http://journal.unwidha.ac.id/index.php/magistra/article/view/686 http://journal.unwidha.ac.id/index.php/magistra/article/view/686/545 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Rendahnya aktivitas pada siswa saat pembelajaran berlangsung dipengaruhi pada saat penyampaian materi yang monoton hal ini dapat berpengaruh pada aktivitas siswa yang tidak optimal, maka dari itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran. Pada penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reserch), setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi aktivitas dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan penerapan model Snowball Throwing yang dipadukan dengan Mind Map, dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS. Sebelum tindakan hasil observasi aktivitas mencapai 55% dan hasil angket aktivitas mencapai 57,25%. Pada siklus I menunjukan hasil observasi aktivitas setelah tindakan mencapai 61,75% dan hasil lembar angket aktivitas setelah tindakan mencapai 68,60%. Pada siklus II menunjukan hasil observasi aktivitas siswa setelah tindakan mencapai 77,50% dan hasil lembar angket aktivitas setelah tindakan mencapai 81,60%. Kata kunci: Aktivitas, Model Snowball Throwing