PENDEKATAN PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIC (VAK) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PECAHAN) PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 SRIBIT TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | Mulyani, Sri |
---|---|
Other Authors: | UNWIDHA |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
MAGISTRA
, 2015
|
Online Access: |
http://journal.unwidha.ac.id/index.php/magistra/article/view/647 http://journal.unwidha.ac.id/index.php/magistra/article/view/647/509 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika (menyederhanakan pecahan) menggunakan pendekatan pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti/guru kelas VI sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Sribit yang berjumlah 31 siswa. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam: 1) mengajukan pertanyaan kepada guru meningkat 2) mengerjakan soal di depan kelas meningkat 3) mengemukakan ide meningkat 4) menjawab pertanyaan meningkat 5) prestasi matematika pada tes akhir meningkat.. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : peningkatan, hasil belajar, Visualization, Auditory, Kinestetic