PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BERBAHASA JAWA DENGAN METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS VIIA SEMESTER II SMP NEGERI 4 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: ., Marsini
Other Authors: UNWIDHA
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: MAGISTRA , 2015
Online Access: http://journal.unwidha.ac.id/index.php/magistra/article/view/644
http://journal.unwidha.ac.id/index.php/magistra/article/view/644/506
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara berbahasa Jawa dengan metode sosiodrama pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 4 Sukoharjo semester II tahun pelajaran 2013/ 2014. Penelitian ini dilakukan pada semester II tahun pelajaran 2013/2014 dengan subjek penelitian kelas VIIA sejumlah 40 siswa. Penlitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus I dan siklus II dilakukan dengan tindakan pembelajaran praktek bermain peran dengan mengutamakan dialog berberbahasa Jawa menggunakan metode sosiodrama. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes kemampuan berbicara berbahasa Jawa, dan observasi. Indikator keberhasilan pelaksanaan PTK ini adalah: sekurang-kurangnya 60% siswa mampu berbicara berbahasa Jawa melalui penerapan metode sosiodrama dengan baik (kategori baik) sesuai dengan kriteria dan aspek penilaian yang telah diterapkan; dan (2) Rata-rata prestasi berbicara berbahasa Jawa melalui penerapan metode sosiodrama setelah dilakukan tindakan minimal 75,0. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa “Metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan berbicara berbahasa Jawa dengan pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 4 Sukoharjo semester II tahun pelajaran 2013/2014”. Kata Kunci: kemampuan berbicara berbahasa jawa, sosiodrama.